Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilukada Jatim 29 Agustus 2013 dipastikan sebanyak 30.019.300 orang. Rinciannya, pemilih laki-laki sebanyak 14.805.723 orang dan pemilih perempuan sebanyak 15.213.577 orang.

Sedangkan, jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di seluruh wilayah Jatim diketahui sebanyak 71.033 TPS.


Data tersebut berdasarkan hasil rapat pleno terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilukada Tingkat Provinsi oleh KPU Provinsi Jatim yang dilaksanakan di Hotel Novotel Surabaya, Jumat (19/7/2013).

"Jumlah DPT pemilukada Jatim 2013 sebanyak 30.019.300 pemilih. Sedangkan, total TPS di seluruh Jatim diketahui sebanyak 71.033 TPS," ujar Ketua KPU Jatim Andry Dewanto Ahmad usai memimpin rapat pleno terbuka.

Turut pula hadir KPU kabupaten/kota seluruh Jatim, Bawaslu Jatim dan tim kampanye tiga pasangan calon yang lolos maju di pemilukada Jatim mendatang.

Dia menjelaskan, bahwa jumlah DPT pada pemilukada Jatim 2013
meningkat dibandingkan pilgub Jatim 2008 silam yang hanya sekitar 29 juta jiwa lebih. "Kenaikan jumlah DPT sekitar 1 juta dibanding pilgub Jatim 2008 itu pertanda program keluarga berencana (KB) di Jatim sukses," ujarnya setengah bercanda.

Peningkatan jumlah pemilih di Jatim tidak terlalu besar itu, lanjut dia, juga disebabkan adanya program KTP elektronik (e-KTP) yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia. Sehingga, seseorang tidak bisa memiliki KTP ganda seperti
tahun-tahun sebelumnya. Selain itu pada proses pemutakhiran data pemilih, masyarakat kurang proaktif, khususnya warga yang ada di pedalaman.

"Petugas kami sudah berusaha maksimal, tapi masyarakat kurang pro aktif. Jadi ini sudah usaha maksimal dari KPU," tegasnya.

Kendati demikian, masyarakat yang belum terdaftar menjadi pemilih di pemilukada Jatim tidak perlu khawatir karena KPU Jatim masih menerima perbaikan daftar pemilih tetap hingga H-7 pemungutan suara. Untuk mempermudah proses pemutakhiran data pemilih, KPU juga menggunakan sistem online melalui SMS
Gateway.

"Caranya tinggal SMS ke nomor
089622266635, lalu ketik DP (spasi) Nomor Induk Kependudukan (NIK). Masyarakat yang sudah terdaftar maupun yang belum akan mendapat balasan. 

Bagi yang belum terdaftar, SMS itu akan langsung dimasukkan data Daftar Pemilih dan selanjutnya akan diproses supaya bisa segera mendapat surat undangan memilih di pemilukada Jatim 29 Agustus mendatang," beber alumni Unibraw Malang ini.

Selain mengumumkan jumlah DPT pemilukada Jatim 2013, KPU Jatim juga memberi penghargaan kepada lembaga dan perorangan pelaksana pemutakhiran daftar pemilih pemilukada Jatim yang terbaik. 

Untuk kategori lembaga, juara pertama diberikan kepada KPU Kab Probolinggo, juara kedua KPU Kab Situbondo dan juara ketiga KPU Kab Mojokerto. Untuk kategori persorangan, diberikan kepada Ali Fikri komisioner KPU Kab Sumenep dan Thoidin petugas operasional IT KPU Kabupaten Bondowoso.

"Ini adalah bentuk penghargaan kami terhadap teman KPU Kabupaten/Kota di Jatim yang siang malam dan berhari-hari tidak tidur serta tidak bertemu keluarga karena harus menyelesaikan pemutakhiran daftar pemilih," pungkasnya.
Lebih baru Lebih lama
Advertisement