Kades Benelankidul berikan Bantuan Kepada Lansia Miskin

BANYUWANGI - Masih banyak warga desa Benelankidul kecamatan Singojuruh Banyuwangi yang lanjut usia (Lansia), hidup sehari-harinya selalu pas-pasan untuk dimakan. Fenomena ini yang membuat hati kepala desa Benelankidul, Tatang Suraji tersentuh. Dan ditindak lanjuti melalui program kegiatan social yang dianggarkan melalui anggaran Dana Desa (DD) 2016.

Desa Benelankidul ada enam dusun yaitu; dusun Gombol, dusun Cawang, dusun Suko, dusun Tabanan,  dusun Gebang dan dusun Padangbulan. Tatang Suraji kepala desa Benalankidul menjelaskan bahwa warga desa Benelankidul masih banyak lansia yang kehidupan sehari-harinya memprihatinkan, kadang-kadang untuk mencari sesuap nasi harus melalui belas kasihan orang lain, karena mengingat usia. 

“Rata-rata lansia yang kita bantu umurnya antara 65 tahun hingga 72 tahun keatas, dan setiap RT kita diambil satu orang.” katanya
Bantuan ini sifatnya stimulan saja, yang kita anggarkan melalui DD anggaran 2016, dan setiap dusun kita ambil secara bergilir sebanyak 4 orang , setiap orang besarnya bantuan sebesar Rp 300.000,-.

Waktu memberikan bantuan ini ketepatan giliran dari dusun Gombol, dimana waktu itu ada kepala dusun Gombol Sofyan ikut mendampingi warganya menerima bantuan dari kepala desa, dan Sofyan menjelaskan kepada bahwa kalau dihitung didusun Gombol ini masih banyak warga lansia yang memerlukan bantuan. “kali ini merupakan bantuan yang pertama dari kepala desa Benelankidul untuk lansia”. katanya.

Untuk itu, kalau ada bantuan seperti ini lagi, nanti akan saya atur secara adil, dan merata. “bukan adil dan merata uangnya yang diterima dibagi-bagi, akan tetapi nanti yang akan menerima diatur secara bergilir”. tambahnya.

Salah satu warga lansia yamg nenerima bantuan bernama Sodiro (72)  warga dusun Gombol sewaktu menerima bantuan, ditanya untuk apa uangnya yang diberi kepala desa ? jawabnya singkat “ untuk makan mas” katanya (jok)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement