Berita Terbaru

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

TERPOPULER

Angkot Gratis Pelajar & Mahasiswa di-Launching Bupati Lumajang

LUMAJANG - Senin pagi (30/01) Bupati Lumajang Drs. As’at, M.Ag secara resmi telah me-launching program angkot gratis bagi pelajar dan mahasiswa. Acara launching tersebut dilaksanakan di pangkalan angkutan kota (lin) kawasan Terminal Minak Koncar Wonorejo. Program ini berlaku bagi pelajar dan mahasiswa dengan tujuan wilayah sekitar dalam kota Lumajang sebagai sarana transportasi untuk berangkat dan pulang sekolah atau kuliah. 

Selain untuk memberikan dukungan kepada pelajar dan mahasiswa, program angkutan gratis ini juga ditujukan untuk mendukung angkutan kota di Lumajang yang selama ini sepi penumpang. Melalui program ini diharapkan bisa penumpang angkutan kota menjadi lebih ramai lagi. 

Selain itu, program angkutan gratis tersebut juga diharapkan dapat bermanfaat untuk mengurangi kemacetan lalu lintas pada jam-jam berangkat dan pulang sekolah.Dalam sambutannya Bupati Lumajang menerangkan “dengan adanya program ini kita akan mengurangi kemacetan, setiap pagi Lumajang ini sibuk dengan lalu lintas yang sedikit padat.” Dan juga beliau menghimbau kepada para sopir angkot yang hadir dalam acara tersebut agar menghantar para pelajar setiap pagi ke sekolah dan siangnya pulang dengan selamat dan hati-hati, “selamatkan para pelajar dari kecelakaan”, ujarnya. 

Oleh karena program ini merupakan tahap pembelajaran, maka Pemerintah Kabupaten Lumajang bersama Dinas Perhubungan akan terus melakukan pengembangan agar program angkutan gratis bagi pelajar dan mahasiswa bisa lebih berkembang dan bermanfaat bagi masyarakat Lumajang. 

Adapun mekanisme program ini bagi armada angkutan kota gratis yaitu Pemerintah Kabupaten Lumajang melalui Dinas Perhubungan memberikan voucher senilai 8 liter BBM (Bahan Bakar Minyak) setiap harinya. Dan dalam kesempatan tersebut, Bupati Lumajang dengan didampingi dari perwakilan DPRD Komisi A, Kepala Dinas perhubungan, Kepala Dinas Pendidikan dan perwakilan perguruan tinggi, menyerahkan voucher BBM kepada sopir angkutan kota secara simbolis dan kemudian memberangkatkan angkutan kota yang sudah penuh dengan pelajar yang antusias menyambut program ini. 

Sedangkan jadwal pemberangkatan angkutan gratis tersebut yakni Senin sampai dengan Sabtu pagi, mulai pukul 05:30 – 07:00. Senin sampai dengan Kamis siang, mulai pukul 12:00 – 15:00. Jum’at siang mulai pukul 10:00 – 12:00 dan Sabtu siang mulai pukul 11:00 – 14:00. Untuk trayek angkutan kota terbagi menjadi 2, yaitu : 

Jalur A 
Berangkat - Wonorejo (terminal Minak Koncar), Sukarno-Hatta, Jend. A. Yani, Jend. Basuki Rahmad, PB Sudirman, Kap. Kyai Ilyas, Kyai Muksin (RSI), Sastrodikoro, Imam Bonjol, Mayjen Panjaitan, Abu Bakar, Alun-alun Barat, Alun-alun Utara, Alaun-alun Timur, Imam Suja'ai, Soekartiyo, Mahakam dan Halte Tukum. 

Pulang - Halte Tukum, Mahakam, Soekartiyo, Suwandak, Menak Koncar, Mayjen Panjaitan, Imam Bonjol, (jembatan merah), Pelita, Gubernur Suryo (terminal MPU), Gatot Subroto, Sunandar Prio Sudarmo, Soekarno Hatta, Wonorejo. 

Jalur B 
Berangkat - Wonorejo, Sukarno Hatta, Sunadar Prio Sudarmo, Gatot Subroto, Veteran, Brigjen Katamso (pasar), Gubernur Suryo, Pelita, Imam Bonjol, Mayjen Panjaitan, Menak Koncar, Kapten Swnadak, Soekartiyo, Mahakam dan Halte-Tukum. 

Pulang - Halte Tukum, Mahakam, Soekartiyo, Suwandak, Komodor Yos Sudarso, Kapten Kyai Ilyas, Kyai Muksin, Kyai Wahid Hasyim, Dr. Soetomo, Cokroaminito, Brigjen Katamso, Veteran, Jend. A. Yani, Sokarno-Hatta, Wonorejo (terminal). Ada pun dengan adanya Program Angkutan Gratis bagi Pelajar dan Mahasiswa ini ada perubahan jalur bagi bus AKDP jurusan Surabaya menuju Kencong, dialihkan melalui Jalur Lingkar Timur (JLT). 

Untuk trayek bus tersebut yaitu Terminal Minak Koncar – Jl. Raya Wonorejo – Simpang 3 Banyuputih Lor – Jalur Lingkar Timur (JLT) – Simpang 3 Tukum, begitupun juga jalur sebaliknya. Dan untuk bus AKDP jurusan Malang-Dampit-Lumajang Masih tetap melintasi jalur kawasan kota Lumajang. (h)

Post Comment

Tidak ada komentar:

Berikan Tanggapan Anda