Belasan Puskesmas di Bondowoso Belum Punya IPAL

BONDOWOSO – Belasan Puskesmas di Kabupaten Bondowoso masih belum mempunyai Intalasi Pengelolahan Air Limbah (IPAL). Dari 25 Puskesmas yang ada, sampai saat ini masih 10 Puskesmas yang memiliki IPAL. Sampai saat ini masih 10 Puskesmas yang sudah ada IPAL nya. Tahun 2017 ini, kami anggarkan 5 Puskesmas bisa terealisasi, kata dr. H. Imron, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bondowoso.

Keterbatasan anggaran, ternyata masih menjadi kendala pembangunan IPAL di seluruh Puskesmas. Karena, anggaran untuk 1 unit IPAL bisa memakan dana hingga Rp.40 juta.Untuk pembangunan 1 unit IPAL menghabiskan angaran DAK dan APBN kurang lebih RP.400 juta. Jadi untuk 10 Puskesmas sisanya yang tahun ini belum di bangun, kami upayakan tahun 2018 nanti bisa terealisasi, imbuhnya.

Pemerintah Pusat mewajibkan setiap rumah sakit dan Puskesmas Dengan Tempat Perawatan (DTP) harus mengajukan dokumin Upaya Kesehatan Lingkungan (UKL) dan Usaha Pemantauan Lingkungan (UPL). Namun, di Kabupaten Bondowoso masih ada Puskesmas yang belum mengajukan hal tersebut. Upaya untuk mengajukan sudah dilakukan, tapi masih ada beberapa puskesmas yang belum mengajukan UKL dan UPL sesuai dengan ketentuan Pemerintah Pusat, pungkasnya. (Tok)

Posting Komentar

0 Komentar