Bintek Penangulanagan Hama Dan Penyakit Tanaman Padi

KOTABARU - Guna menunjang keberhasilan program PAJALE  Padi, Jagung dan Kedelai)  Tahun 2017 Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan Kabupaten Kotabaru baru – baru ini mengadakan Bintek  penangulangan hama dan penyakit tanaman padi yang dilaksanakan di setiap kecamatan.

Untuk Kecamatan Pulau Laut Kepulauan di pusatkan di Desa Teluk Aru yang dihadiri langsung Kasi perlindungan Tanaman dan perbenihan mewakili Kepala  Dinas Pertanian Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan Kabupaten Kotabaru, Koordinator Perlindungan Organisme Penganggu Tanaman ( POPT ) beserta Stap Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten  Kotabaru, Camat Pulau Laut Kepulauan beserta stap, Mantri Tani Kecamatan, Petugas POPT Kecamatan, PPL, Ketua Kelompok Tani, Ketua Gapoktan dan seluruh Petani yang ada di kecamatan Pulau Laut Kepulauan.

Joko Prayitno, S.Sos. MAP Camat Pulau Laut Kepulauan mengharapkan kepada seluruh petani agar dalam melaksanakan kegiatan di segala hal mengutamakan kerjasama secara kompak dan terarah yang dibina oleh petugas di lapangan baik Mantri Tani, POPT dan penyuluh,  dan para petani harus bisa membaca situasi dilapangan jangan sampai terjadi gagal panen agar bantuan dari pemerintah melalui Dinas terkait tidak sia – sia terutama dalam pemeliharaan tanaman Demikian akhir sambutanya yang sekaligus membuka acara bintek penangunlangan hama dan penyakit tanaman padi.

Urip Widodo SP. selaku kasi Perlindungan Tanaman dan perbenihan pada Dinas pertanian Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan Kabupaten Kotabaru yang mewakili Kepala Dinas mengatakan bahwa perlunya penangulanggan hama dan  penyakit secara dini  dari pada hama dan dan penyakit sudah menyerang baru diberantas terutama hama tikus.Beliau mengatakan bahwa Dinas tidak bisa membantu  sepenuhnya sebelum adanya tindakan dari petani dalam pengendalianya. Demikian dalam sambutanya.

Siti Saadah SP. Selaku koordinator POPT Dinas Pertanian, Holtikultura dan Peternakan Kabupaten Kotabaru dalah arahanya sebelum praktek dilapangan bahwa  rencana tanam padi sawah seluas  395 Ha dikecamatan Pulau Laut  Kepulauan di 5 Desa pontensional Padi Sawah Yaitu Desa Teluk Kemuning, Teluk Aru, Tanjung Lalak Selatan, Tanjung Lalak Utara dan Oka – oka.

Untuk penanggulan tikus di wilayah ini hanya mendapatkan bantuan racunya berupa kopinples , tiran, petrocum dan bantuan ini tidak sebanding dengan dosis yang dianjurkan yaitu 6 Kg pe Ha.  serta luasan tanaman padi sawah yang ada ,  maka para petani diharapkan mau  menambah  secara swadaya agar dalam berusaha tani bisa berhasil,  "demikian paparnya.` (Sty)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement