Buang Ego Sektoral Untuk Peningkatan PAD Bondowoso

BONDOWOSO – Peningkatan obyek wisata di Kabupaten Bondowoso terus dilakukan oleh lintas sekroral. Bukan hanya Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) saja yang ikut meningkatkan sektor pariwisata. Bahkan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) juga ikut membangun fasilitas jalan wisata menuju Batu Susun Solor.

Bondowoso yang berjuluk the highland paradise juga diharapkan mampu meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor pariwisata. Oleh karena itu, diperlukan sinergitas antara semua OPD agar bisa mencapai target PAD 10 persen dari APBD, sehingga bisa keluar dari predikat kabupaten tertinggal.

Namun, peningkatan PAD tidak hanya bertumpu pada sector pariwisata saja. Masih banyak sektor lain yang mampu memberikan kontribusi peningkatan PAD. Hal tersebut dikatan oleh Harry Patriantono, Kepala Disparpora, usai mengikuti Kunker Bupati di EDC.

Menurutnya, pembangunan di sektor pariwisata harus bekerjasama dengan semua OPD seperti PUPR, Diskoperinda, DLHP dan OPD lain. Karena, untuk mencapai PAD yang maksimal, harus ada perencanaan di lintas sektoral.

Seperti upaya PUPR yang merencanakan pembangunan jalan wisata menuju Batu Susun Solor. Ini merupakan kerjasama lintas sektor yang harus diutamakan demi kemajuan dunia wisata di Bondowoso, katanya.

Tetapi, pihaknya juga tidak akan ketinggalan start dalam membangun infrastruktur sarana prasarana yang diperlukan di area wisata. Lebih spesifik di obyek wisata stonehenge van java di Desa Solor, Disparpora akan membangun selter dan gazebo.

Kami akan berupaya untuk memberikan kenyamanan kepada para wisatawan dengan membangun selter dan gazebo di Batu Susun Solor. Selain promoso wisata, ini merupakan upaya kami untuk memberikan kenyamanan kepada para wisatawan yang berkunjung kesana, tutur Harry.

Harry tidak nampik jika saat ini PUPR tengah berupaya membangun jalan wisata sepanjang 10,5 Km dari Desa Suling Wetan menuju Batu Susun Solor. Hal ini merupakan bentuk dukungan dari OPD lain dalam meningkatkan PAD dari sektor wisata.

Saya sangat mengapresiasi langkah dari Dinas PUPR yang akan membangun jalan wisata kesana. Tentunya, dengan akses jalan yang bagus, akan berimbas pada peningkatan kunjungan wisatawan dan PAD kita di sektor pariwisata akan maksimal, tukasnya.

Sementara, Kepala Dinas PUPR Drs. H. Karna Suswandi akan terus berupaya membantu meningkatkan infrastruktur jalan menuju obyek wisata. Bahkan, dirinya tidak hanya fokus pada pembangunan jalan wisata, tahun ini Dinas PUPR juga akan melengkapi bangunan pada jembatan Ki Ronggo yang nantinya akan dijadika pusat wisata kuliner.

Untuk peningkatan PAD Bondowoso harus ada kerjasama semua OPD. Oleh karena itu, untuk menunjang peningkatan PAD disektor pariwisata Dinas PUPR akan semaksimal membangun jalan wisata dan peningkatan sarana dan bangunan di Jembatan Ki Ronggo, pungkasnya. (Tok)

Posting Komentar

0 Komentar