Bupati Buka Rapi Expo Tahun 2017

KUALA KAPUAS - Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat membuka secara langsung RAPI Expo Tahun 2017 dan menutup Kemah Bersama Keluarga Besar RAPI (Radio Antar Penduduk Indonesia) se Kalimantan, Minggu (19/2) sore kemarin di Jalan Maluku, Kuala Kapuas.

Nampak hadir, Unsur Forkopimda Kabupaten Kapuas, Anggota DPRD Kapuas Bob Dwi Cipta Mahaputera selaku Ketua DPD KNPI Kabupaten Kapuas, para Kepala OPD (Organisasi Pengurus Daerah) lingkup Pemkab Kapuas, Pengurus RAPI Nasional/Pusat, Pengurus RAPI Wilayah 04 Kabupaten Kapuas dan para peserta.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 416 peserta yang terdiri dari Kalimantan Wilayah 20 sebanyak 185 peserta dan Kalimantan Wilayah 19 sebanyak 231 peserta. Untuk RAPI Expo diikuti oleh 47 Stan UMKM, 10 Stand Kuliner, Stan BNK, Perpustakaan Daerah Kabupaten Kapuas dan mainan anak-anak.

Menurut laporan Ketua Panitia Penyelenggara kegiatan Daniel Bitak, RAPI Expo Tahun 2017 dan Kemah Bersama RAPI se Kalimantan dilaksanakan dalam rangka menyongsong Hari Jadi Kota Kuala Kapuas ke 211 dan HUT Pemkab Kapuas ke 66.  

“Untuk kemah bersama itu sendiri dilaksanakan selama 3 hari dan Pameran Expo dilaksanakan selama 10 hari. Selain itu diadakan juga Lomba Mobile Antenna Signal Doubling Contest yang diikuti oleh 161 peserta,” ungkapnya.

Bupati Kapuas dalam sambutannya atas nama seluruh Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas mengucapkan selamat datang kepada pengurus pusat RAPI Nasional dan seluruh pengurus RAPI se Kalteng. “Semoga Bapak dan Ibu mempunyai kenangan tersendiri dengan Kapuas,” ucap Ben.

Ben juga menyampaikan bahwa untuk banyak orang melihat Kabupaten Kapuas kotanya sudah lumayan bagus, bersih dan asri. Namun kenyataannya, ungkap dia, setiap penilaian Adipura yang sudah dilakukan selama tiga tahun berturut-turut Kabupaten Kapuas mendapatkan nilai yang nyaris untuk menerima Piala Adipura.

“Kita mendapatkan nilai 74,8 atau 74,6 dimana nilai untuk menerima penghargaan Adipura harus mencapai 75. Kita bingung juga dengan penilaian ini karena selalu mengalami kenaikan dan penurunan,” katanya.

Kemudian, dalam pelaksanaan kegiatan RAPI Expo tersebut ia berharap menjadikan perekat erat tali silahturahmi sesama anggota RAPI baik Nasional, Provinsi maupun Kabupaten. Ben mengatakan, RAPI merupakan organisasi sosial yang karena pada saat daerah mengalami kesulitan seperti bencana Kebakaran Lahan dan Hutan RAPI selalu hadir dan sangat berperan.

Untuk ia menyampaikan pula rasa bangganya kepada Anggota RAPI Kabupaten Kapuas yang telah melaksanakan tugas dan fungsi dengan luar biasa. “Kiranya kinerja dan komitmen tetap dipertahankan bahkan ditingkatkan. Saya yakin dan percaya ke depannya RAPI dicintai oleh rakyat Indonesia, Provinsi Kalteng dan Kabupaten Kapuas karena kehadirannya sangat membantu masyarakat,” ujar Ben Brahim.

Ditempat yang sama, Riza Fikri SH selaku Pengurus RAPI Pusat dalam sambutannya mengatakan RAPI merupakan organisasi kemasyarakatan yang berorientasi pada kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan. Untuk itu, lanjut dia, RAPI mempunya misi agar bisa mensumbangsihkan tenaga dan pikiran kepada Bangsa dan Negara.

Ia berharap untuk kompetensi area di Kalteng agar pengurus RAPI beserta anggota RAPI seKalteng bisa mendharma bhaktikan tenaga dan pikiran dalam rangka membantu kesuksesan kegiatan pemerintahan daerah Kalteng dan Kabupaten Kapuas pada khususnya.

“Mudah-mudahan seluruh anggota Pengurus RAPI Kabupaten Kapuas bisa bekerja sama dalam membantu kegiatan-kegiatan sosial pada umumnya. Kami pun sebagai pengurus RAPI Pusat dapat membantu dalam bidang komunikasi,” katanya.

Riza mengungkapkan dalam kegiatan itu pula telah diselenggarakannya Musyawarah Daerah RAPI se Kalteng dan telah diputuskan bersama bahwa Ketua RAPI Provinsi Kalteng Terpilih yaitu Drs Eddy Pratowo yang juga selaku Bupati Kabupaten Pulang Pisau.

“Kepada RAPI Kapuas semoga semangat dan perjuangan terus berlanjut, terus berprestasi dan bisa memberikan manfaat kepada masyarakat dalam hal kegiatan yang positif dan sosial kemasyarakatan,” harapnya. (nata)

Posting Komentar

0 Komentar