Bupati Dorong Tiap Desa Miliki Satu Produk Unggulan

BONDOWOSO – Setelah meresmikan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Kecamatan Jambesari Darussolah, Kunjungan Kerja Bupati Bondowoso tahun 2017 dilanjutkan ke SMKN 4 Bondowoso untuk bertatap muka dengan Pemerintahan Desa se Dapil 4, Senin20-02-2017.

Dihadapan para Kepala Desa, Bupati Bondowoso, Drs. H. Amin Said Husni menyampaikan program One Villge One Product seperti Kunker-kunker sebelumnya.Untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Bondowoso, tentunya sangat diperlukan kerjasama dan sinkronisasi program antara Pemerintah Daerah dan Pemerintah Desa, jelasnya saat memberikan sambutan di Aula SMKN 4 Bondowoso.

Selain kerja sama tersebut, Bupati Amin juga menjelaskan tugas dari Kepal Desa dalam program One Village One Product.Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Kepala Desa dirasa perlu untuk mencari dan mengembangkan potensi desanya serta menjalankan BUMDes yang ada, lanjutnya.

Bupati Amin Said Husni berharap dengan program yang terus digalakkan oleh Pemkab Bondowoso ini, bisa mengangkat potensi masing-masing desa dalam rangka peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.Dengan adanya program One Village One Product, setiap desa harus memiliki produk unggulan untuk dikembangkan sehingga berimbas kepada kesejahteraan masyarakat, katanya.

Lebih lanjut, Bupati Amin Said Husni menyampaikan peningkatan PAD dalam rangka keluar dari status daerah tertinggal, Pemkab akan melakukan intensifikasi dan ektensifikasi. Intensifikasi artinya lebih mengintensifkan potensi-potensi pajak dan retribusi yang sudah ada sekarang. Sedangkan ekstensifikasi adalh dengan mencari peluang, menggali sumber pajak baru yang bisa dilakukan, tukasnya.

Selain itu, lanjutnya, Pemkab Bondowoso yang telah memiliki OPD baru seperti BPD, diharapkan bisa lebih maksimal dalam menangani target-target penerimaan dari PAD akan lebih maksimal.

OPD-OPD penghasil pajak saya harapkan bisa lebih intensif menggali sumber-sumber penerimaan yang sudah terdaftar sekarang, dan pada waktu yang sama kita juga meminta untuk melakukan ekstensifikasi dengan mengembangkan sumber-sumber penerimaan baru. Itu yang kita harapkan bisa tercapai di 2017 ini, pungkasnya. (Tok)

Posting Komentar

0 Komentar