PWI Kapuas Hadiri HPN Tahun 2017

KUALA KAPUAS – Sekertaris Dinas Kominfo Kapuas Manli SH dan Ketua PWI Kabupaten Kapuas Sri Hayati beserta pengurus menghadiri Acara Hari Pers Nasional Tahun 2017 yang dipusatkan di Ambon, Maluku.

Acara tersebut berlangsung selama 4 hari dari tanggal  6 sampai  9 Februari 2017 yang merupakan Acara Puncak HPN 2017 sekaligus Perayaan Ulang Tahun PWI ke 71, dimana dihadiri langsung oleh Presiden RI Joko Widodo, para menteri, petinggi negara, tokoh pers nasional dan sepuluh duta besar perwakilan dari negara sahabat  yaitu Vietnam, Rusia, Filipina, Slovakia, Pakistan, dan Korea Utara serta duta besar Kroasia, Austria, Malaysia, Korea Selatan, Cina, dan Suriname.

Namun sebelum hari  acara puncak dilaksanakan kegiatan HPN 2017 dirangkaian pula dengan Pameran HPN dan Maluku Expo 2017 yang dibuka oleh Wakil Gubernur Maluku Zeth Sahuburua di Lapangan Merdeka, Senin (6/2).

Hari berikutnya diadakan berbagai acara diantaranya Seminar IKWI dengan tema Menumbuhkan Kepekaan IKWI Terhadap Masalah Kekerasan Perempuan dan Anak, Seminar World Press Freedom Day, Seminar Inovasi Publik dan hiburan rakyat.

Sekdis Kominfo Kabupaten Kapuas selaku perwakilan Bupati Kapuas mengatakan melalui kegiatan HPN menjadikan pembelajaran dan pembanding bagi PWI Kabupaten Kapuas untuk meneliti kembali bagaimana keadaan PWI Kabupaten Kapuas.

“PWI Kapuas lebih belajar lagi lewat seminar-seminar yang diikuti, supaya informasi dapat lebih berkembang dengan baik dalam mempromosikan wilayah-wilayah yang ada di Kabupaten Kapuas,” katanya.

Secara khusus untuk Dinas Kominfo, ia menuturkan kegiatan yang dihadiri sebagai pengalaman yang dapat di implementasikan di Kabupaten Kapuas dan lebih maju lagi keberadaannya baik sistem informasi maupun perangkat teknis seperti tower-tower dapat terbangun dengan baik dan lain sebagainya.

Kemudian, Manli berharap kebersamaan antara Pemerintah Daerah dan PWI Kabupaten Kapuas lebih ditingkatkan untuk kemajuan Kabupaten Kapuas. “Dengan harapan melalui kegiatan ini dapat lebih mempererat kerja sama Pemerintah secara khusus Dinas Kominfo dengan PWI Kapuas sehingga kita kembangkan informasi langsung kepada masyarakat,” harapnya.

Sementara itu, Ketua PWI Kapuas Sri Hayati ketika ditemui mengatakan HPN tentu merupakan agenda yang sangat penting dan agenda wajib bagi para wartawan khususnya pengurus PWI dari seluruh Indonesia.

Diungkapkannya, Kegiatan HPN ini merupakan ajang insan pers dari seluruh Indonesia untuk saling bersilaturahmi, juga bertemu dengan para tokoh pers nasional serta petinggi negara. Kegiatan ini juga sebagai ajang bagi insan pers untuk memperluas kajian dan ilmu jurnalistik serta sebagai sarana mengeluarkan gagasan maupun mendapatkan terobosan baru terkait keberadaan pers sebagai ujung tombak kemajuan negara.

Untuk itu, Sri berharap ke depannya dengan adanya kegiatan HPN salah satunya Konferensi Kerja Nasional Pengurus PWI, akan memunculkan ide-ide dan terobosan yang baru. Terobosan baru ini lah yang akan diterapkan di daerah, dengan harapan dapat membangun keberadaan pers yang lebih baik sehingga tercipta wartawan-wartawan yang semakin profesional di daerah.

"Program kerja baru yang dihasilkan dari rapat kerja, tentu bertujuan untuk kemajuan dunia jurnalistik di seluruh Indonesia. Tujuan akhir tentu keberadaan pers sebagai media informasi penyejuk dan sebagai ujung tombak kemajuan pembangunan daerah secara khusus Kabupaten Kapuas," ujarnya.(NATA)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement