Kondisi Jalan Di Desa Damar Wulan Memprihatinkan

KEDIRI - Kondisi jalan utama di wilayah kecamatan kepung tepatnya yaitu  berada di kawasan desa damar wulan saat ini kondisinya terlihat sangat memprihatinkan kondisi jalan yang rusak dan berlubang inilah yang terlihat pada saat kita melintasi di kawasan tersebut.

Menurut Suripto selaku kepala  desa damar wulan  (selasa 14/03/2017) beberapa hari lalu saat di  temui  wartawan koran ini di ruangan kerjanya  mengatakan,rusaknya jalan yang terjadi di wilayahya saat ini secara teknis di  akibatkan karena air yang  mengendong dan tidak bisa terbuang.

Sebab bentuk bangunan jalan itu secara teknis bentuknya mesti cembung hal itu dibuat bertujuan agar pada saat terkena air maka air itu tidak mengendong dan langsung terbuang di bahu jalan atau drainase yang suda di siapkan.

Sedangkan apabila air itu tidak bisa terbuang dan mengendong tentu akibatnya seperti yang terjadi saat ini  dan apalagi jalan aspal itu kalau terkena air terutama yaitu terkena air hujan jelas cepat akan terjadi kerusakan.

Selanjutnya di waktu selang yang bersamaan saat wartawan koran ini menyingung terkait langkah apa yang semestinya harus di lakukan oleh pihak desa   untuk menyikapi permasalahan terkait rusaknya jalan di kawasan tersebut.

Menurut suripto, terkait permasalahan tersebut pihaknya akan mengembalikan persoalan itu  kepada pihak pemerintah sebab hal itu suda bukan menjadi wewenang dan  kapasitas pihak desa apalagi kami sendiri disini menjabat sebagai kepala  desa  juga masi baru,”terangya.

Terpisah,di kawasan lokasi  jalan tersebut  sendiri saat ini nampak terlihat bekas adanya penambalan jalan pada titik titik jalan yang berlubang secara sukarela oleh warga setempat  Hal itu di lakukan oleh warga sebagai bentuk rasa solidaritas kepedulian tehadap lingkungan dan juga  keselamatan bagi pengguna jalan apalagi jalan tersebut adalah kawasan jalan utama penghubung antara desa damar wulan hingga  ke  wilayah desa siman,”ujar salah seorang warga yg enggan untuk di sebutkan  namanya.

Sementara itu  terkait rusaknya jalan di kawasan wilayah desa damar wulan saat ini perlu menjadi perhatian dari  pihak pemerintah terutama bagi pihak pemerintah kabupaten Kediri Pasalnya ababila hal itu di biarkan dan tidak secepatnya segera mendapat tanggapan tetunya kerusakan jalan yang  saat ini bisa kita lihat jelas akan menjadi lebih para lagi.

Selain itu rusaknya jalan di kawasan tersebut juga berdampak acaman keselamatan jiwa bagi para penguna jalan untuk itu pihak pemerintah terutama  dari pihak pemkab Kediri di harapkan agar secepatnya segera mengambil langkah langkah yang diperlukan guna kepentingan bersama.

Di sisi hal yang berbeda  terjadinya kerusakan  jalan  di kawasan tersebut secara teknis juga bisa di sebabkan dari berapa faktor yaitu bisa karena genangan  air yang mengendong ataupun juga di karenakan dari truk yang membawa muatan pasir dari lokasi tambang liar yang melebihi  tonase. (wan/lum)

Posting Komentar

0 Komentar