Bupati Lumajang Resmikan Rumah Pintar Pemilu “Kirana Agung”

LUMAJANG - Bupati Lumajang, Drs. H. As’at, M.Ag meresmikan Rumah Pintar Pemilu “Kirana Agung” KPU Kabupaten Lumajang, Kamis (13/4). Dalam acara tersebut Bupati Lumajang didampingi Ketua KPU Provinsi Jawa Timur, Eko Sasmitho, SH, MH yang sekaligus menandatangani prasasti peresmian. 
Pemahaman masyarakat terhadap pentingnya penggunaan hak pilih yang masih rendah, mendorong KPU Kabupaten Lumajang melaunching Rumah Pintar Pemilu. Rumah Pintar Pemilu merupakan jawaban atas kecenderungan menurunnya kesadaran masyarakat dalam kehidupan demokrasi. 
Berdasarkan data dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) menunjukkan partisipasi tertinggi masyarakat tercatat pada pemilu 1999 sebesar 92 persen, 2004 (84 persen), 2009 (70,69 persen), 2014 (75,17 persen) dan yang terendah pada pemilu 2015 yaitu hanya 69 persen. 
Kehadiran Rumah Pintar Pemilu diharapkan bisa menjawab masalah tersebut, sehingga masyarakat semakin paham pentingnya berdemokrasi. Pada prinsipnya, Rumah Pintar Pemilu bertujuan memudahkan masyarakat mendapatkan informasi mengenai pemilu. Didalamnya tersedia sarana edukasi politik yang mudah dipahami.\
Bupati As’at dalam sambutannya mengatakan bahwa pendidikan politik harus dilakukan oleh KPU. Pemahaman masyarakat yang merasa bahwa pemilihan umum tidak begitu penting harus diluruskan. “Pendidikan politik harus diupayakan oleh teman-teman KPU, jadi orang merasa bertanggung jawab secara politis untuk memilih siapa yang menjadi pemimpin mereka”, ujar Bupati As’at. 
Diharapkan dengan adanya Rumah Pintar Pemilu bisa meningkatkan partisipasi politik masyarakat. “KPU punya tugas yang berat, tingkat partisipasi pilkada kabupaten lumajang 70% harus meningkat menjadi 85% kalau bisa menjadi 99%”, pungkas Bupati As’at. (h)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement