Komplotan Bandit Belia Dibekuk Polisi

SURABAYA – Tim Anti Bandit Unit Reskrim Polsek Tegalsari berhasil meringkus komplotan bandit jalanan. Komplotan itu diotaki oleh ABG yang masih berumur 16 tahun. Otak komplotan itu adalah YL. Meski masih tergolong belia, YL sudah menjadi Target Operasi Polisi. Dia selama ini kerap merasahkan warga Surabaya bersama empat rekamnya. 

Mereka adalah M Sholeh (19), warga Jalan Kupang, Gang Langgar, Andy Prasetya Putra (21), Rianto (21) dan Rizky Saful Anwar (20). Kelima bandit belia itu tinggal satu gang, di kawasan Dukuh Kupang. Kapolsek Tegalsari, Kompol Noerjianto, mengatakan menurut pengakuan pelaku, mereka setidaknya sudah beraksi di lima TKP di Jalanan Surabaya. Namun petugas tidak mudah percaya begitu saja. Nantinya akan dikembangkan lebih lanjut. Sebab diyakini pelaku sudah beraksi lebih dari lima TKP.

Selama ini, Mamat mengkordinir kawan-kawannya melalui handphone. Mereka tidak punya basecamp khusus. Biasanya, mereka beraksi dini hari, di atas pukul 01.00. Biasanya merampas tas. Setiap kali beroperasi mereka punya peran masing-masing. Mulai joki, pemetik, hingga pengawal. YL misalnya, punya tugas sebagai pengawal atau istilahnya tukang kipas. Remaja yang masih berusia 16 tahun itu berjaga agar korban tidak mengejar dengan caranya menghalang-halangi laju korban.

Panit Reskrim, Ipda Zainal Abidin menambahkan kawanan itu berhasil diringkus petugas yang sedang berpatroli saat mencurigai gerak-gerik pelaku. Mereka saat itu terlihat jalan bergerombol di Jalan Kartini. Ternyata benar, kawananan Bandit itu menggondol handphone pengendara motor, dan mereka berupaya lari ke kawasan Keputran. 

Kemudian petugas menyebar dan mengepung pelaku yang melarikan diri. Tak menunggu lama, petugas berhasil membekuk kawananan bandit tersebut. Dan langsung digelandan ke Mapolsek Tegalsari untuk diperiksa lebih lanjut.Selain itu mereka pernah beraksi di Sukomanunggal, Benowo, dan Gunungsari. Saat ini kami masih gali lagi TKP lain, karena memang kemungkinan lebih dari lima lokasi yang pernah mereka sasar.

Selain itu polisi juga masih berupaya memburu satu pelaku yang masih kabur. Dari tangan para bandit ini, polisi mengamankan tiga sepeda motor yang biasa dipakai untik menjalankan aksinya, pungkasnya. (eko)

Posting Komentar

0 Komentar