2.320 Personel Dipersiapkan Pengamanan Pilkades Serentak di Kab. Sampang

SAMPANG – Polres Sampang menyiapkan 2.320 personel gabungan,diantaranya anggota Polri 1.870 dan 450 anggota TNI.Hal ini untuk pengamanan Pilkades serentak gelombang II di 31 Desa di Kabupaten Sampang yang akan digelar pada Selasa 16 Mei 2017 besok.Sebelum berangkat aparat gabungan melakukan apel gelar pasukan di lapangan Wijaya Kusuma,Senin (15/05/2017) sekitar pukul 14.30 WIB.

Fadhilah Budiono selaku Plt Bupati Sampang saat menjadi inspektur upacara gelar pasukan mengatakan, pemilihan Pilkades serentak tersebut berpotensi menimbulkan berbagai ancaman dan kerawanan. Sehingga hal itu perlu mendapatkan perhatian dan atisipasi bersama."Kami yakin dengan melihat kesiapan pengamanan pelaksanaan pilkades akan berjalan aman dan terkendali. Yang dianggap rawan seperti di kawasan Birem, Kedungdung, Ragung Pangarengan, Bire Timur Sokobanah, dan Omben,” kata Fadhilah.

Fadhillah juga mengatakan,potensi kerawanan dalam pelaksanaan Pilkades itu dikarenakan sebelumnya telah terjadi tarik menarik kepentingan hingga terjadi permainan perjudian. Bahkan, saat ini pengamanan pilkades lebih ditingkatkan karena mengacu pada pengalaman kerawanan pilkades pada gelombang pertama. Sehingga tiap TPS nanti diterjunkan 2 kompi pengamanan. “Karena pengalaman pilkades kemarin, makanya lebih ditingkatkan pengamanan agar tidak kecolongan lagi,” jelasnya.

Ditempat yang sama, Kapolres Sampang AKBP Tofik Sukendar melalui Kabag Ops Kompol Syaiful Anam, menambahkan dari 2.320 personel pengamanan akan tersebar di 31 Desa di 11 Kecamatan Kabupaten Sampang.

Selain itu, pihaknya sudah memetakan titik kerawanan desa mulai dari rawan dengan 11 Desa, sangat rawan ada 11 Desa, dan aman ada 9 Desa. Penempatan pengamanan untuk kategori Desa aman ada 10 polisi, Desa rawan dengan 30 polisi, dan Desa sangat rawan diterjunkan 45 polisi. “Untuk antisipasi terjadinya perjudian di Pilkades serentak kita menerjunkan 1 Kompi Brimob Polda Jatim.Dan juga kami sudah membentuk tim gabungan sebanyak 15 personel dari Polres Sampang,ujarnya. (din)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement