Berita Terbaru

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

TERPOPULER

Bondowoso Menuju Swasembada Daging

BONDOWOSO – Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bondowoso H. Munandar didampingi drh Sandi turun langsung ke Desa. Kali ini yang didatangi adalah Dusun Dergundeh RT. 03 RW. 02 Desa Purnama Kecamatan Tegal Ampel Kabupaten Bondowoso. Ia meninjau sapi milik warga dan sekaligus memberikan bantuan obat-obatan bagi petani ternak.

Ini juga dalam rangka menuju swasembada daging dilaksanakanlah Upaya Khusus Sapi Induk Wajib Bunting (UPSUS SIWAB) yang didalamnya terdapat kegiatan Gangguan Resproduksi (Gangrep), dan kegiatan ini dilaksanakan diseluruh wilayah Puskeswan di Bondowoso, kata Munandar. Rabu (03/05).

Menurutnya menjelang bulan Romadhan dan hari Raya Idul Fitri yang tinggal beberapa hari lagi, pihaknya mentargetkan kebutuhan akan daging sapi dapat terpenuhi, bahkan bisa melebihi target yang sudah direncanakan.Target Upsus Siwab Bondowoso, tahun ini adalah, akseptor 70 ribu, sapi bunting 58 ribu, Gangrep 5.770, katanya.

Dijelaskan, dari target Akseptor tersebut, diasumsikan yang dialami Gangrep 5.770 itu, juga dilakukan pemeriksaan dan tindakan dari petugas medik Reproduksi, yang terdiri dari dokter hewan, Paramedis Pemeriksa Kebuntingan (PKB), paramedis Asisten Teknis Reproduksi (ATR). Dengan begitu, Gengrep dapat kita laksanakan secara kontinyo dan mencapai hasil yang lebih maksimal, dan kegiatan ini sudah terjadwal yang akan berpinda-pinda tempat diseluru Puskeswan di Kabupaten Bondowoso, ujarnya.

Dengan Upsus Siwab ini pula, diharapkan setelah melalui pemeriksaan dan tindakan, sapi yang termasuk kriteria Gangrep atau di kawinkan lebih dari dua kali tidak bisa bunting, dapat segera sembuh dan diserahkan kepada petugas Inseminasi Buatan (IB) untuk dikawin suntik gratis. Harapan, dari kegiatan ini angka kebuntingan dan angka kelahiran pedet di Bondowoso akan meningkat dan mendukung Indonesia menuju swasembada daging, imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Desa Purnama, Suroso mengapresiasikan langka Dinas Pertanian dengan seluruh timnya yang turun kedesanya. Bahkan dalan sejarah kedinasan, baru kali ini Kepala Dinas turun langsung ke desanya dan bertemu langsung dengan peternak sapi. Ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi kami selaku Kepala Desa, dan atas nama warga Purnama kami menyampaikan terima kasih atas kedatangannya ke Desa Purnama yang berada di puncak bukit ini, kata Suroso.

Ia mengungkapkan, ratusan warga peternak sapi di Desa Purnama, Khususnya Dusun Dergundeh tersebut mayoritas warga peternak sapi, sehingga dengan adanya bantuan dari Pemerintah Kabupaten Bondowoso dapat meningkat ekonomi peternak baik itu sapi, kambing maupun ayam.Mudah-mudahan bantuan ini dapat meningkatkan warga kami, khususnya warga peternak sapi menjadi lebih baik, imbuhnya. (Tok)

Post Comment

Tidak ada komentar:

Berikan Tanggapan Anda