Cerdik Cara APKLI Ingatkan Presiden Jokowi

Ketua Umum APKLI Pusat, dr. Ali Mahsun, M. Biomed, saat Pelantikan dan Pengukuhan Dewan Pengurus dan Ketua Harian DPP APKLI Pusat.
BANGKALAN - Sebagian besar dari masyarakat Indonesia bekerja atau menjalankan usaha sebagai Pedagang Kali Lima. (PKL). Oleh sebab itu, Presiden Jokowi diminta untuk memberhatikan nasib mereka dengan menanggalkan visi ekonomi liberalnya.

" Saya meminta dengan hormat Presiden RI secepat-cepatnya mengeluarkan INPRES RI tentang pelaksanaan Perpres RI 125/2012 agar bupati, wali kota dan gubernur diseluruh Indonesia segera terbitkan Perda Penataan dan Pemberdayaan PKL, segera mencabut kebijakan deregulasi perlonggar ijin ritel modern yang sudah mematikan dan menjajah PKL serta ekonomi rakyat".

Demikian di suarakan, dr.Ali Mahsun, M. Biomed, Ketua Umum Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia (APKLI) seusai pelantikan dan pengukuhan Dewan Pengurus dan Ketua Harian DPP Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia (APKLI ) Kabinet Kaki Lima Indonesia, periode 2017-2022, Selasa (16/5), di Solo, Jawa Tengah.

Ketua umum Dewan pimpinan pusat, Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia (APKLI), Ali Mahsun menjelaskan, dipilihnya kawasan Wisata Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ), Solo, Jawa Tengah sebagai lokasi pengukuhan dan pelantikan Dewan Pengurus dan Ketua Harian DPP Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia (APKLI) periode 2017-2022 kabinet Revolosi Kaki Lima Indonesia.

Di karenakan perjuangan dilapak PKL banyak godaan dan berserakan dimana-mana. Selaku Ketua Umum, saya ingin nafsu hewaniah pengurus APKLI mulai dari DPP APKLI sampai paguyuban PKL di seluruh tanah air mulai hari ini dikawasan Wisata Taman Satwaru Jurug Solo, Jawa Tengah DICABUT,agar kekuatan ekonomi 25 juta PKL se-Indonesia dapat membawa kemanfaatan untuk masyarakat, bangsa dan negara, sebagai pilar utama tegaknya ekonomi rakyat dan kembalikan kedaulatan ekonomi bangsa serta mampu menembus bursa efek dunia. Tidak boleh disalah gunakan yang akhirnya rakyat dan bangsa indonesia jadi korban seperti kenyataan hari ini. 

Oleh sebab itu, sebagai wujud dan bukti tekad bulat APKLI lakukan percepatan perang gerilya PKL kawasan ekonomi strategis dan terus dilanjutkan di seluruh tanah air sebagaimana amanah hasil Munas V APKLI di Depok, Jawa Barat 15-17 April 2017".tegas Ketua Umum APKLI, dr. Ali Mahsun, M. Biomed, seusai melantik Dewan Pengurus dan Ketua Harian DPP APKLI 2017-2022 dikawasan Wisata Taman Satwaru Jurug, Solo, Jawa Tengah.

Kemudian, kenapa harus di Solo? Presiden Jokowi lahir, besar menjadi dan terpilih jadi Presiden RI berangkat dari lapak PKL.Oleh karena itu, sebagai pribadi, selaku ketua umum dan warga negara RI, saya ingin menyampaikan pesan kepada Presiden Jokowi untuk ingat kembali bahwa perjalanannya hingga jadi Presiden berangkat dari lapak PKL di Solo, Jawa tengah". Ujar Ali Mahsun, dalam Pers Release, yang diterima oleh Soerabaia Newsweek, Jum'at 
( 19/5 ).

Penulis buku " Revolusi Kaki Lima Indonesia ", itu berpendapat, jika Inpres itu telah ada nantinya, dan deregulasi perlonggar ijin ritel modern dicabut, dengan penuh keyakinan, perekonomian rakyat dan kedaulatan ekonomi bangsa Indonesia akan segera bangkit."Namun sebaliknya, ekonomi bangsa kita akan dikuasai dan dijajah capital force asing dengan dalih perdagangan bebas dan ritel modern."tambah Pria asal Kota Mojokerto, Jawa Timur tersebut.

Dewan Pengurus dan Ketua Harian DPP APKLI 2017-2022, saya beri nama " Kabinet Revolusi Kaki Lima Indonesia", mengemban amanat yang besar  agar dalam tempo secepat-cepatnya mampu mewujudkan lima pilar fasilitas Revolusi Kaki Lima Indonesia. Kelima pilar itu adalah, fasilitas lahan usaha PKL bersertifikat milik sendiri, fasilitas keuangan permodalan dan pengembangan usaha PKL, fasilitas pergudangan barang dan jasa usaha PKL, fasilitas teknologi dan komunikasi usaha PKL dan fasilitas pendamping usaha PKL di seluruh kawasan ekonomi strategis dan sentra ekonomi rakyat di tanah air tercinta ini.

Ali Mahsun menilai, kekuatan ekonomi 25 juta PKL seindonesia sangat besar. Sebanyak Rp. 9750 triliun transaksi di lapak PKL tiap tahunnya terjadi, harus menembus bursa efek dunia. Bersama Ketua Harian DPP APKLI 2017-2022, Ratu Ayu Ayla Dewi Anggraeni hal tersebut dapat segera terwujud,".tandas Ali Mahsun, Jebolan FK Unibraw dan FK UI tersebut.

Ketua Umum APKLI dr. Ali Maksun, M.Biomed dan Ketua Harian, Ratu Ayu Ayla Dewi Anggreini diarak dengan kereta kencana oleh jajaran pengurus DPP APKLI serta DPW dan DPD APKLI Se-Indonesia keliling kota surakarta dengan mengendarai 5 andong dan 99 becak berbendera APKLI. Rombongan disamput tari serimpi menuju tempat pelantikan.

Ali Maksun terpilih sebagai ketua umum APKLI dalam Munas V APKLI 2017. Dalam proses pelantikan didampingi Ratu Ayu Ayla Dewi Anggreini sebagai Ketua Harian, Agus Yuyuf, sebagai sekretaris Jendral, dan Vivi Susanti sebagai Bendahara Umum beserta jajaran pengurus 2017-2022. 

Dalam rangkian acara pelantikan DPP APKLI 2017-2022 juga dilaksanakan beasiswa anak PKL-APKLI, kepada putra-putri anak PKL yang berprestasi, dari Siswa SD, SMP dan SMA. Selain itu, disalurkan secara simbolis Kredit Tanpa Anggunan ( KTA ) KUR Mikro Rp. 25 juta, hasil kerjasama APKLI dengan Bank Artha Graha kepada 12 PKL dari klaten dan 6 PKL dari Boyolali oleh Kepala Cabang Bank Artha Graha Surakarta dan Semarang di saksikan langsung oleh Direktur Kredit Bank Artha Graha, Indra Sintung Budianto.

Pada kesempatan yang sama juga, Ketua Umum, DPP APKLI menganugrahkan APKLI Award, kepada Putra Putri PKL Jambi yang mengibarkan PATAKA APKLI di puncak Gunung Sriwijaya Kerinci Jambi, pada tanggal 24 April 2017 sebagai wujud kobaran api semangat Revolusi Kaki Lima Indonesia. Juga dianugrahkan penghargaan Duta Permodalan PKL se-Indonesia kepada Indra S Budianto, Duta PKL Parlemen Indonesia kepada Ridwan Hisyam dan Duta PKL Dunia kepada Ratu Ayu Ayla Dewi Angraeni.

Dipihak lain, mewakili Gubernur Jawa Tengah, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Propinsi Jawa Tengah, M. Arif Sambodo mengatakan, pada prinsipnya jangan segan bicara dengan pemerintah kalau memiliki kesulitan.Kendati begitu, dia mengingatkan menjadi kewajiban PKL untuk mengikuti aturan agar tertib, tidak terkesan kumuh, dan tetap memperhatikan aspek etika dan estetika.

" Di solo, penataan PKL sudah rapi dan manusiawi. Jangan segan kalau ada masalah, diselesaikan melalui rembugan. Dan salah satu kesulitan PKL adalah permodalan. Ini sangat bagus kalau APKLI sudah bermitra dengan Bank, ".kata Arif membacakan pesan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Adapun sambutan dari Wali Kota Surakarta dibacakan oleh Subagyo, Kepala Dinas Perdagangan kota Surakarta. Rudy menyatakan Pemkot sudah berupaya cukup banyak untuk kebaikan PKL. Seperti penataan PKL, Revitalisasi pasar, bantuan kepada UMKM, pembinaan dan lain-lainya. Rudy berharap PKL Indonesia, khususnya Solo, dapat lebih maju, jaya dan sejahtera. (Yit/AM)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement