DKP Intens Sosialisasikan Masyarakat Gemar Makan Ikan

Walikota Rukmini saat memberikan sambutan dalam acara Semarak gemar Ikan.
PROBOLINGGO - Potensi yang terdapat pada ikan, mengilhami Pemerintah kota Probolinggo melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) kota Probolinggo menggelar sejumlah kegiatan yang sifatnya mengajak masyarakat untuk selalu mengkonsumsi ikan sebagai menu sehari-hari. Hal ini  terprogram dalam Gemar Makan Ikan Sumber Hewani (Gema Insani) yang digagas DKP setempat.

Berkenaan dengan program tersebut, DKP melalui ajang yang adakan Perstuan Wanita Olah Raga (Perwosi) kota Probolinggo, menurunkan kegiatan “Semarak Gemar Ikan” (serangkaian kegiatan aksi memasyarakatkan gemar ikan) yang tentunya sasaran dalam ajang tersebut, kaum perempuan yang mengikuti sejumlah lomba, Jumat (26/5).

Acara yang berlangsung di Stadion Bayuangga kota Probolinggo ini patut menjadi kebanggan panitia, mengingat kegiatan Gemar Makan Ikan ini memperoleh antusias dari perempuan yang saat itu berada di lokasi, mulai dari komunitas pendidikan, OPD Pemkot Probolinggo, kepolisian (Polwan), Dharma wanita hingga masyarakat umum.  

Sementara Walikota Probolinggo Hj Rukmini SH, M.Si dalam sambutannya mengatakan program pemerintah dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) ini sebagai sarana untuk mensosialisasikan pada warga untuk gemar mengkonsumsi ikan. “Kita harus memahami segala potensi yang terdapat pada ikan, karena ikan merupakan sumber protein yang dibutuhkan pada tumbuh kembangnya anak  sehingga akan berdampak memacu kecerdasan pada diri anak.”Ujarnya.

Lebih lanjut walikota menjelaskan bahwa target konsumsi ikan per orang dalam satu tahun sebanyak 35 kg.  dengan mengkonsumsi ikan secara aktif, banyak manfaat yang diperoleh termasuk menambah daya ingat anak, karena kandungan omega 3 dalam ikan sangat diprlukan oleh anak.”jelasnya.

Ditempat yang sama Ir Budi Krisyanto M.Si, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan kota Probolinggo saat diwawancarai terkait Semarak Gemar ikan yang diadakan di even yang diadakan Perwosi tersebut mengatakan bahwa kegiatan gemar Makan Ikan ini merupakan satu agenda yang bertujuan meningkatkan konsumsi ikan pada masyarakat kota Probolinggo per kapita.  

“Kita mendorong masyarakat untuk semakin sehat, semakin cerdas dengan  mengkonsumsi ikan. Target nasional 42 Kg/per kapita per tahun, sedangkan tahun 2016 konsumsi masyarakat kota Probolinggo sudah mencapai 34 Kg/per kapita per tahun, Berarti sudah ada peningkatan yang signifikan 1 kg/per kapita per tahun. Kita cukup berbangga atas animo masyarakat terhadap kegemaran mengkonsumsi ikan dalam rangka menunjang kecerdasan anak dan bangsa.”Ujarnya.

Disinggung optimisme atas keberhasilan target nasional 42kg per kapita per tahun, Kepala DKP ini menegaskan “Kita optimis, barangkali satu periode pembangunan 5 tahun bisa, karena potensi ikan tangkap dikota Probolinggo luar biasa. Berkembangnya budi daya ikan juga bertambah.Tahun ini rencana pembangunan jangka menengah yang 5 tahun 14 sampai 19 kita berharap bisa mencapai 41 – 42 kg per tahun.”tegas pria berkumis yang biasa disapa Budi Kris ini.

Ir Fitriawati MM, Kabid Pengembangan Usaha Perikanan DKP  saat ditemui mengatakan “Untuk menjaring minat konsumsi masyarakat terhadap  ikan laut, perlu selalu dilakukan sosialisasi, termasuk pada even-even yang banyak konsentrasi massa seperti saat ini yang kita turunkan tema Semarak gemar makan ikan.”Ujarnya. (Suh)

Posting Komentar

0 Komentar