H Hasan Aminuddin : Anak PAUD dan TK Perlu Diajari Manasik Haji

PROBOLINGGO - Sebagai bentuk perhatian Pemerintah terhadap pendidikan khususnya bagi siwa siswi PAUD/TK dengan membantu dalam meringankan biaya pendidikan berupa dana BOP (bantuan Operasional Pendidikan). Sasaran utama dalam pemberian BOP ini agar wali murid yang dinilai kurang mampu mendapat keringanan dalam pembiayaan sekolah putra putrinya.

Dalam rangkaian kegiatan acara penyerahan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) bagi Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan TK, yang berlangsung di Gedung Wijaya di Kecamatan Maron, Kamis (4/5/2017) dihadiri suami Bupati Probolinggo, Drs H Hasan Aminuddin, anggota DPR RI komisi VIII, sekaligus mewakili Bupati, Hj Tantriana Sari SE yang berhalangan hadir karena ada agenda lain yang tak bisa ditinggalkan. Secara simbolis penyerahan dana BOP tersebut diserahkan langsung oleh suami Bupati, Drs H Hasan Aminuddin, pada lembaga PAUD dan TK di tiga Kecamatan, yakni Kecamatan Maron, Tiris, dan Kecamatan Krucil.

Selain acara penyerahan BOP untuk lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan TK tahun Anggaran 2017 ini, acara itu juga merupakan Reses ke II Anggota DPRD Kabupaten Probolinggo 2017, yakni Hj Siti Maria Ulfah, dan Ahmad Supaidi, yang keduanya dari Fraksi Nasdem dapil 6, Kecamatan Tiris, Krucil, dan Kecamatan Maron. Menurut Hasan Aminuddin, menjelaskan perlunya kegiatan Reses, agar anggota Dewan mampu melaksanakan kewajiban, untuk bertemu dengan konstituwennya.

Hasan menambahkan, Anggota Dewan mendapatkan uang Reses yang melekat dan harus diamanatkan untuk masyarakat di dapilnya masing masing.“Tujuan reses agar dapat berbagi dengan masyarakat yang dapat meringankan beban ekonomi keseharian para kinstituwennya, “papar Drs H Hasan Aminuddin M Si, seusai acara penyerahan dana BOP tersebut.

Disisi lain, Anggota DPR RI fraksi Nasdem itu, mengapresiasi Guru dan Anak PAUD, dengan adanya dilakukan kegiatan praktek Manasyik Haji di tempat Wisata Miniatur Ka’bah, berlokasi di Desa Curahsawo, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo.“Sedini mungkin, sangatlah perlu anak-anak PAUD dan TK diberi pelajaran langsung praktek manasyik Haji. Dan bila pembinaan mental dan spiritual ditanamkan sejak usia dini, sudah tentu sangat berdampak pada mental spiritual bagi si anak, “pinta H Hasan pada para Dewan Guru.

Begitu juga, dengan adanya tuntutan kemajuan Pendidikan guru dijaman masa kini, guru dituntut Profesional dan mampu mendidik anak dalam mencetak ahlak dan intelektual, dalam proses belajar mengajar di lembaga tersebut. Sehingga hasilnya si anak akan berakhlakul karimah, “tegas H Hasan sambil mengingatkan bulan puasa sudah dekat dan agar supaya memperbanyak amaliahnya dan mampu meningkatkan pendekatan dengan ALLAH yang kuasa.

Ditempat terpisah, H Yuli Agus Kacabdin Maron, saat ditemui mengatakan, bangga dan berterima Kasih hadirnya anggota DPR RI komisi VIII tersebut. Menurut Yuli, sambutan H Hasan Aminuddin, sangat benar sebagai Guru merupakan suri tauladan bagi anak didiknya. Sebab semua gerakan tingkah laku dan perbuatannya akan ditiru oleh anak didiknya. “Dengan adanya pembinaan Guru Paud oleh bapak H Hasan Aminuddin ini, kita dapat menjadi bekal untuk mendidik dan menentukan akhlak dari sejak anak kecil sampai yang dewasa,” terangnya.

Sementara komentar Anggota DPRD Kabupaten Probolinggo Ahmad Supaidi, yang senada dengan temannya, Siti Maria Ulfa Anggota DPRD Kabupaten Probolinggo dari fraksi Nasdem, menyatakan, acara Reses yang dilakukan ini sangat luar biasa, karna sinergitas antara Pemerintah dengan DPRD Kabupaten Probolinggo, secara bersamaan dengan penyerahan Anggaran BOP di tahun 2017 ini. “Guru Paud dan TK modalnya adalah sabar untuk mendidik murid-muridnya. Bahkan perjuangannya tanpa kenal lelah untuk mencetak kader bangsa yang berahlakul karimah, “aku Hj Siti Maria Ulfa.

Dalam penyerahan BOP, dan Reses anggota DPRD Kab Probolinggo itu, dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Probolinggo, Camat Maron, Ramiadi S Sos M Si, Camat Tiris Dr Roby Siswanto ST MT, Camat Krucil Budi Harianto, Kacabdin Maron H Yuli Agus Spd Mpd , jajaran dewan Guru PAUD dari tiga Kecamatan, para Kepala Desa Se Kecamatan Maron, Tokoh Agama, dan tokoh masyarakat.(Mhd)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement