Jalan Cor Beton Tahun 2016 Glagah Rusak Berat



BOJONEGORO – Jalan cor beton dukuh Glagah desa Purwosari, Kecamatan Purwosari mulai mendapat sorotan tajam berbagai kalangan dimasyarakat. Pasalnya, jalan cor beton yang baru saja dibangun tahun 2016 tersebut saat ini kondisi badan jalannya banyak mengalami kerusakan, badan jalan mengalami degradasi / ambles kebawah ,sekitar 15 cm.

Menurut beberapa sumber informasi , kerusakan dini dialami badan jalan cor beton dusun Glagah Purwosari itu tidak perlu terjadi secepat ini jikalau komposisi material yang dipakai untuk mengacu pada Rab maupun bestek proyek. “ Saya juga heran jalan corbeton ini umurnya belum setahun, tapi kok sudah rusak seperti ini, “ kata sumber yang minta namanya tak dikorankan.

Hal ini bisa terjadi karena buruknya pengawasan baik dari petugas internal dinas teknis selaku pemilik dan penanggungjawab proyek.  Sebab logikanya ujar sumber ini bila petugas pengawas lapangan ( Waspang) internal dinas pemilik proyek melaksanakan fungsi pengawasan secara optimal, dengan turun kelokasi, melihat dari dekat proses pengerjaan fisik,  dapat dipastikan rekanan selaku pelaksana teknis pekerjaan akan melaksanakan pekerjaannya secara baik dan tentunya sesuai bestek proyek.

Tapi seperti sama –sama dapat dilihat proyek jalan cor beton Glagah yang anggarannya menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah ( APBD) tahun anggaran 2016 , dimana dananya dihimpun dari pajak rakyat  akhirnya sia –sia.

“ Jalan belum umur setahun sudah mengalami kerusakan. Pemkab selalu pengelola anggaran pun pastinya juga ikut dirugikan. Yang paling parah kerugian justru ditanggung masyarakat,”timpal sumber tadi. Anggaran APBD dari tahun ke –tahun han ya habis untuk pembangunan infrastruktur jalan –jembatan. Sehingga, sector –sektor  lain yang sama pentingnya pada akhirnya tidak dapat perhatian yang cukup.

Sumber informasi yang mengaku paham terhadap lika –liku  keproyekan, meminta DPRD Kabupaten Bojonegoro melakukan koreksi total terhadap pelaksanaan pembangunan infrastruktur jalan –jembatan dikabupaten Bojonegoro. “ Sebagai warga masyarakat saya meminta komisi D DPRD Bojonegoro turun kelapangan. Dengan turun langsung ke lokasi para anggota dewan akan mengetahui kondisi yang sebenarnya,” pinta dia.

Sementara Kadis PU Ir. Andik Tjandra, saat dihubungi melalui selluler untuk konfirmasi kerusakan jalan cor beton Glagah Purwosari , dijawab via sms : “ Saya sedang rapat, Pak ,” jawab Andik Tjandra, Jumat (26/5). (cip)

Posting Komentar

0 Komentar