Menpan RB Kunker di Republik Kopi Bondowoso

BONDOWOSO – Saat bertandang ke Republik Kopi Kabupaten Bondowoso Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur mengaku kagum dan sangat tertarik dengan kopi Bondowoso, Senin 01/05/2017.

Sebenarnya kunjungan tersebut bertujuan memberikan pembinaan dan arahan pada jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) bertempat di Pendopo Bupati Bondowoso, akan tetapi Bupati Bondowoso Drs. H. Amin Said Husni tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut untuk membawa sang Menteri ke salah satu ruangan di Pendopo yang disulap layaknya sebuah kafe dan ditata dengan kombinasi rumah kuno, dengan suasana santai dan nyaman diharapkan mampu menikmati suasana Republik Kopi yang tidak bisa dirasakan didaerah lainnya.

Tak lupa dalam kesempatan tersebut, didatangkan juga para pelaku kopi mulai dari petani, Aliansi Petani Kopi Indonesia (APKI) hingga barista handal untuk menyajikan kopi Arabika terbaik pada Menpan RB. Bupati dalam kesempatan tersebut menjelaskan tentang tata kelola kopi rakyat di Bondowoso mulai dari awal, mulai pembinaan dengan melihat 6 pihak diantaranya, Petani Kopi, Perhutani, Pusat Penelitian Kopi dan Kakau (Puslit Koka), Bank Indonesia, Bank Jatim dan Pemerintah Kabupaten Bondowoso.

Saat ini Pak Menteri, kopi menjadi pilihan utama untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan tentu hal ini terus akan kami lakukan pembinaan, ulas Amin. Menteri PANRB mengakui bahwa ketertarikannya datang ke Bondowoso selain itu melakukan pembinaan, juga karena tertarik dengan kopi sebagaimana pernah didengarnya. Dalam kesempatan tersebut juga mengakui jika kopi Bondowoso sangat luar biasa, apalagi setelah merasakan langsung dalam ngopi bareng tersebut di Pendopo Bupati Bondowoso.

Kopinya luar biasa dan saya sangat menikmati, kata Asman saat diwawancarai sejumlah media. Bupati dalam kesempatan itu juga mempromosikan beras organik yang saat ini sudah diminati pasar internasioanal. Selanjutnya untuk lebih mengenal dan mengetahui sejarah dan bagaimana tata kelola kopi Bondowoso, Bupati memberikan cindera mata khusus berupa buku Bondowoso Republik Kopi pada Menpan RB yang disaksikan oleh semua pejabat Kementerian juga jajaran Forpimda dan pejabat Bondowoso. ini oleh-oleh khusus dari Bondowoso untuk Pak Menteri, kata Amin. (Tok)

Posting Komentar

0 Komentar