Pemda Bondowoso Optimis Mampu Swasembada Beras

Kepala Dinas Pertanian H. Munandar SP.MM.
BONDOWOSO – Pemerintah Kabupaten Bondowoso optimis mampu swasembada beras dan bisa mencapai target produksi gabah kering giling pada 2018. Kepala Dinas Pertanian Bondowoso H. Munandar SP, MM menyampaikan, berbagai program terus dilakukan menuju swasembada, dengan meningkatkan hasil produksi pertanian. Kami yakin target swasembada pangan beras akan tercapai, ujarnya disela-sela acara tanam padi bersama.

Acara tersebut bertempat di Desa Wonosari Kecamatan Wonosari, turut hadir Kasdim dan Pasiter Bondowoso, Rabu 24/05/2017. Target tersebut akan tercapai mengingat telah terialisasinya penambahan luas lahan pertanian, karena dari bertambahnya luas lahan akan menambah jumlah produksi padi, di samping berbagai program optimalisasi yang juga terus berjalan.

Menurut H. Munandar, pencapaian program swasembada pangan yang sudah ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) saat ini sudah berkisar 74 persen, yakni dari total target produksi padi sekitar 500 ribu ton GKG pada 2018.Pihaknya mengaku terus melakukan evaluasi terhadap berbagai capaian dalam RPJMD sektor pertanian yang sudah ditetapkan, sehingga diharapkan capaian produksinya bisa sesuai dengan target demi mencapai swasembada.

H. Munandar menjelaskan, kendala yang dihadapi untuk mencapai swasembada pangan di Bondowoso adalah masalah irigasi. Kendala yang dikemukakan pihaknya ingin memberikan bantuan 50 unit pompa air untuk menyedot air dari sungai-sungai, yang kemudian dialirkan ke sawah-sawah masyarakat. Kalau produksinya naik, saya tambahkan lagi 50 unit pompa air, semoga nantinya usulan kedepan dapat disetujui oleh DPRD, harapnya Kadis yang lelah turun langsung berkecipung dengan lumpur, demi memberikan semangat pada petani. (Tok)

Posting Komentar

0 Komentar