Posmat AL Tempati Bangunan Pemberian Pemkab Tulungagung

TULUNGAGUNG - Penerimaan dan penempatan bangunan Posmat Popoh dari Pemda Tulungagung  desa Besole kecamatan Besuki Tulungagung berjalan dengan meriah ,pada Selasa 16/5, pukul 09.00 WIB, dilaksanakan di pantai popoh. Disertai kunker jalasinastri cabang IX Korcab V, Daerah Jalasinastri Armada Timur ( DJAT ), Ibu Tias Gendut Sugiono, ibu dan lanal malang ke Posmat Popoh dengan dihadiri kurang lebih 100 personil. 

Peresmian penerimaan bangunan di depan gedung Posmat Popoh dipimpin langsung sebagai irup komandan lanal Malang kolonel laut Gendut Sugiono SH, komandan upacara Kapten laut jabatan kaur binpuan potmar, Ady Junianto, lettu laut jabatan paset lanal Malang, Rija Nevyan. Undangan  hadir Bupati Tulungagung Sahri Mulyo.SE.S.MI, ketua Pengadilan Negeri Tulungagung, Eko Haryanto SH.M.H, Kasi Intel Kejaksaan Negeri Tulungagung, Idham Koliq SH, Dandim Tulungagung letkol, CZI Agung Isa Rahman.SH, Kapolres Tulungagung AKBP Young Pardjon SH. S.I.K, Ketua komisi B DPRD Tulungagung, Widodo, Kadis Perikanan Tulungagung, Ir. Tatang Suhartono M.SI, Kadishubkominfo Tulungagung, Mariani, Kabag Humas Tulungagung,Palaksa Lanal Malang letkol laut, Drs. Muryanto, Pasintel lanal Malang Mayor laut, Nyoto Yuono, Kabid pol PP Tulungagung, Wackid, Dan sub lettu CPM, M.Adi Musthofa, seluruh perwira dan anggota lanal Malang, ketua dan pengurus Yalasenastri cabang IX korcab V lanal Malang, Muspika Besuki. 

Bahwa dua pertiga luas wilayah Indonesia adalah lautan, sehingga tidak heran jika para pendahulu terkenal sebagai pelaut ulung. Pelaut adalah masa depan kita dan salah satu program yang di canangkan oleh pemerintah saat ini dengan menjanjikan Indonesia sebagai poros Maritim Dunia. Tulungagung memiliki perairan dan potensi yang sangat strategis karena dilewati jalur pelayaran kapal-kapal niaga maupun kapal ikan. Yang melewati Samudra Indonesia serta mempunyai Sumber Daya Alam yang cukup banyak. Baik sumber daya perikanan maupun sumber daya tambang sehingga sangat rawan terhadap pencurian berbagai kekayaan alam. 

Dari segi keamanan sangat rawan terhadap pelanggaran yang terjadi di laut seperti imigran gelap, perdagangan manusia, penyelundupan barang-barang dan sebagainya. Ditinjau dari segi pertahanan perairan kabupaten Tulungagung berbatasan dengan wilayah Negara tetangga. Sehingga cukup strategis dijadikan sebagai tempat deteksi awal munculnya serangan atau ancaman yang datang dari luar, khususnya dari laut Samudra Indonesia. Maka pimpinan TNI AL dalam hal ini pangkalan TNI Angkatan Laut Malang membentuk pos pengamat TNI AL Popoh. 

Dengan menempatkan personil sebagai mata telinga dalam mendeteksi secara dini setiap kejadian yang terjadi di perairan Tulungagung. Dalam hal ini dengan hati yang tulus saya mengucapkan terimakasih atas penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bapak Sahri Mulyo selaku Bupati beserta jajarannya yang telah mendukung tugas-tugas AL dalam menjaga kedaulatan dan keamanan perairan Indonesia. 

Dengan adanya pembangunan gedung pos pengamat TNI AL, Popoh mudah-mudahan semakin memacu kinerja lanal Malang serta memberi nilai positif terhadap masa pembangunan serta menggali menjaga potensi Maritim yang ada di Tulungagung. Kebetulan wilayah lanal Malang terbentang dari lumajang sampai kepacitan ditempatkan pos pengamat AL.Serta mendukung kebijakan pemerintah poros maritim dunia juga meningkatkan pemda masing-masing kususnya Tulunagung. 

Mudah-mudahan pariwisata meningkat, pendapatan naik, APBD naik, pos maritim dan tugas AL bersama masayarakat serta intansi lainnya bisa terjaga, tegas kolonel laut Gendut Sugiono dihadapan media. Disela-sela lawatannya Ny. Tyas Gendut Sugiono di damping segenap staf pengurus DJAT berpesan kepada anggota jalasinastri yang berdomisili di posmat wilayah Tulungagung berpesan, untuk tetap tabah dan setia mendampingi suami yang bertugas menjaga kedaulatan NKRI. Selain sejalan dengan tugas pokok jalasinastri untuk tetap menjalin hubungan talisilaturahmi diantara seluruh keluarga besar TNI AL dimanapun di tugaskan, pintanya. (NAN)

Posting Komentar

0 Komentar