Dinas koperasi kab Blitar Gelar Pelatihan Makanan Olahan

BLITAR - Untuk pengembangan kewirausahaan dan keunggulan kompetitif Usaha Kecil Menengah, Pemerintah Kabupaten Blitar melalui Dinas Koperasi dan Usaha mikro melaksanakan pelatihan makanan olahan bagi tenaga kerja dan masyarakat. Pelatihan yang diikuti 50 peserta ini dilaksanakan selama 2 hari di Local Education Center (LEC) Kabupaten Blitar (14-15/6/2017).

Kegiatan ini di ikuti oleh berbagai perwakilan dari 22 kecamatan se-Kabupaten Blitar yang di Dominasi kaum perempuan. Dalam acara itu pula disuguhkan berbagai  macam olahan yang akan dibuat praktek peserta. Ada ayam, ikan, sayur mayur dan bumbu yang nantinya akan di olah menjadi makanan yang siap disajikan dengan citra rasa tinggi.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Blitar, Ir. Indra Gunawan, MM melalui Kepala Bidang Produksi dan Restrukturisasi Usaha Lyes Setyaningrum mengatakan, kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan dan kemampuan bagi tenaga kerja dan masyarakat di bidang makanan olahan.

"Dengan adanya pelatihan ini agar mereka bisa mengembangkan daya kreatifitas dalam menciptakan makanan olahan yang bervariatif dan bercitarasa tinggi. Untuk meningkatkan wawasan bagi tenaga kerja dan masyarakat dalam memberdayakan potensi sumberdaya alam yang ada di sekitar lingkungannya," ucapnya.

Diharapkan nantinya sumberdaya alam disekitar kita bisa diperdayakan untuk lebih ber guna dan berhasil. Pelatihan ini dilaksanakan menjelang lebaran, karena permintaan makanan Olahan kian meningkat. Acara ini  sengaja di persiapkan khusus untuk para pelaku Usaha di bidang Makanan Olahan dalam menyongsong hari raya, sehingga permintaan yang meningkat bisa dipersiapkan, agar kwalitas produk mereka lebih bagus dan dapat dinikmati oleh masyarakat.

Lyes menambahkan, tujuan akhir nanti tidak hanya pelatihan saja. Namun diharapkan ada tidak lanjut agar produk-produk yang dihasilkan bisa dipasarkan ke beberapa daerah, bagi para peserta bisa menambah wawasan juga meningkatkan kuwalitas produknya, sehingga lebih layak untuk dipasarkan dan mempunyai daya saing.

"Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Blitar juga memiliki program terkait kemasan produk-produk olahan dan kita akan menganggarkan untuk meningkatkan kemasan produk tersebut. Karena permasalahannya produk-produk olahan kita kalah pada kemasan, namun kita menang pada cita rasa. Semoga hal ini membawa berkah bagi peserta pelatihan dan bisa meningkatkan kesejahteraan bagi masyarat pungkasnya. (dro)

Posting Komentar

0 Komentar