Berita Terbaru

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

TERPOPULER

Bukit Jeddih Pesona Wisata Pulau Madura

BANGKALAN - Lagi, ketika anda berkunjung ke Pulau Madura kini anda tak hanya dapat menikmati pesona Jembatan Suramadu, Makam Syaichona Kholil, atau Bebek Sinjay saja. Akhir-akhir ini Pulau Madura memiliki primadona baru yang menjadi buah bibir utamanya dikalangan kawula muda yang hobby travelling, buat kalian yang sedang berkunjung ke Daerah Bangkalan-Madura, sayang rasanya jika tidak mengunjungi lokasi satu ini.

Bukit Kapur Jeddih namanya, lokasi yang sebelumnya dijadikan sebagai tempat penambangan ini sekarang menjadi salah satu objek wisata baru yang cukup ramai dikunjungi wisatawan. Sebab, dilokasi ini menyajikan pesona keindahan dan keunikan yang mampu menyegarkan mata, Rabu, (28/6).

Kawasan yang terletak di Kecamatan Socah, Desa Jeddih, Kabupaten Bangkalan-Madura, Jawa Timur ini berjarak 10 KM dari pusat kota Kabupaten Bangkalan, lokasi ini mampu menjadi perhatian para pelancong yang haus dengan distinasi baru di dalam negeri.

Karena disini kalian akan melihat bongkahan bahkan guratan-guratan kapur putih yang berukuran raksasa, tebing-tebing kapur ini tidak terbentuk alami melainkan akibat pahatan para penambang kapur yang mengais rezeki dilokasi ini bertahun-tahun sehingga membentuk sebuah tebing bahkan bukit yang sangat eksotis dan artistik.

Kawasan yang cukup luas ini dihiasi dengan pemandangan yang masih sangat alami karena terdiri dari bukit-bukit nan hijau dan memang cocok untuk kalian telusuri keindahannya. Terbukti banyak orang yang berfoto dan diunggah di sosial media saat ini sehingga salah satu tempat wisata madura ini menjadi populer dan banyak membuat orang penasaran.

Jika berkunjung ke bukit Jeddih, kalian dapat melihat keindahan pulau madura secara keseluruhan dari puncak bukit. Selain itu hal yang dapat dilakukan di area ini adalah kamu dapat bersantai dengan menikmati hamparan bukit hijau yang luas. Disini kita bisa sejak melepaskan penat bersama kawan atau orang terkasih, dan tak hanya itu keindahan yang ditawarkan ditempat ini. Sebab, karena masih ada beberapa dibukit Jeddih terdapat sebuah pemandian alami yang berada ditengah-tengah bukit kapur.

Masyarakat sekitar biasa menyebut dengan " Aeng Goweh Pote", dalam bahasa Madura, yang berarti Air Gua Putih. Pada awalnya pemandian atau yang lebih pas disebut kolam renang ini merupakan bekas lubang galian tambang kapur yang kemudian memancarkan mata air secara alami.

Sehingga pemerintah Kabupaten Bangkalan pada akhirnya merenovasi tempat ini dan menjadikannya sebuah kolam renang dengan luas yang cukup besar dan diresmikan pada tahun 2014 lalu, ibarat oase di padang gurun buat yang ingin menikmati sensasi berenang di tengah bukit kapur ini, kamu hanya cukup keluar kocek 10.000, dengan itu kamu bebas merasakan kesegaran mata air ditempat ini.

Tapi dibalik keindahan yang disajikan dikawasan ini, kita dituntut untuk lebih berhati-hati jika mengunjungi tempat ini. Karena kawasan bukit jeddih masih dijadikan lokasi penambangan aktif hingga saat ini, sehingga kemungkinan terjadinya longsor sangat besar dan tak hanya itu dikawasan tebing terdapat banyak alat-alat berat bahkan kendaraan besar yang berlalu lalang dipakai untuk mengangkut material kapur. 

Jadi buat kalian yang berwisata kesini harus tetap berhati-hati dan tetap selalu waspada. Waktu terbaik untuk berkunjung ke tempat ini adalah pagi hari atau sore hari tapi kalau nekat datang di siang hari sebaiknya membawa peralatan pelindung kepala atau mata seperti kaca mata dan topi karena bukit jeddih begitu terik dan panas di siang hari.

Jika menggunakan motor, rute yang bisa dilewati  yakni dari Jembatan Suramadu dan mengambil jalur alternatif melalui jalan raya Labang. Kalau menggunakan mobil, kalian harus memutar arah dahulu melewati Bangkalan kota hingga menemukan pertigaan Desa Jeddih kemudian mengambil arah kanan dan tidak jauh dari pertigaan kalian bisa menemukan lokasi Bukit Jeddih yang kini banyak menyita perhatian wisatawan. (Eko)

Post Comment

Tidak ada komentar:

Berikan Tanggapan Anda