Bupati Blitar Sidak Kantor Dispendukcapil

BLITAR– Bupati Blitar, Rijanto menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah organisasi perangkat daerah di lingkungan pemkab setempat pada hari pertama masuk kerja pascaliburan Lebaran, Senin (3/7/2017). Sasaran sidak salah satunya adalah kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Blitar.

"Sidak ini untuk memastikan secara langsung kondisi di masing-masing kantor apakah ada ASN yang bolos atau tidak," kata bupati kepada BLITAR TIMES. Saat melakukan sidak, bupati hanya didampingi oleh ajudan, tidak ada humas dan protokoler Pemkab Blitar. sidak ini memang dilaksanakan secara diam-diam.

Selain memastikan kehadiran ASN pada hari pertama masuk kerja pascaliburan Lebaran 1438 Hijriah, sidak itu juga bertujuan meninjau pelayanan publik di Kabupaten Blitar, salah satunya Dispendukcapil yang merupakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pelayanan public.

Bupati sengaja mendatangi Kantor DispendukCapil Pemkab Blitar di Jalan Manukwari, Kelurahan Satriyan, Kecamatan Kanigoro untuk memantau memantau secara langsung pelayanan pembuatan administrasi kependudukan (adminduk) di institusi itu.

Di lokasi itu ratusan pemohon adminduk terlihat mengantre. Kesempatan ini dilakukan bupati untuk berdialog dengan pemohon menanyakan pelayanan. Ada juga beberapa pemohon yang memanfaatkan kesempatan tersebut untuk foto bersama dengan orang nomor satu di Kabupaten Blitar tersebut.

 “Sidak ini mengecek pelayanan dispendukcapil baik itu pelayanan e-KTP, KK, Akta Kelahiran, Akta Kematian dan alhamdulilah pelayanan sangat luar biasa, pemohon yang antre juga membludak. Ini membuktikan jika kita mulai bekerja, tidak ada lagi yang seperti dulu-dulu, yang bolos dlsb,” ungkap Rijanto.

Selain memantau pelayanan di Dispendukcapil, bupati juga meninjau sejumpah OPD lain di lingkungan pemkab setempat. Sementara Kepala Dispendukcapil Kabupaten Blitar, Eko Budi Winarso mengatakan untuk pelayanan hari pertama pasca libur lebaran ini pihaknya sudah melakukan berbagai persiapan, karena diprediksi pemohon adminduk di hari pertama akan membludak.  

“Sebagai persiapan kemarin kita sudah lakukan pemanasan mesin, lalu untuk staf TU kita perbantukan juga di pelayanan,” ungkapnya. “Dan khusus untuk hari ini pelayanan kita buka sampai jam 4 sore karena pemohon adminduk yang membludak,” tambahnya. (dro)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement