Kecelakaan 70 % Disurabaya Didominasi Roda Dua

Surabaya Newsweek- Tingginya angka kecelakaan lalu lintas dikota Surabaya, mendapat perhatian serius dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya. Hari ini,  Senin (18/7/2017) Dishub menggelar operasi gabungan di Jalan A Yani.

Kepala Dishub, Irvan Wahyudrajat menuturkan, operasi gabungan kali ini melibatkan aparat kepolisian dan TNI. Selain itu, pihaknya juga menggandeng Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Badan Narkotika Nasional (BNN).

"Operasi ini rutin kita lakukan. Tujuannya untuk menekan angka kecelakaan," ujar Irvan Wahyudrajat.

Irvan Wahyudrajat menyebutkan, berdasarkan data yang ada di Satlantas Polrestabes Surabaya, dalam satu tahun ada sekitar 900 peristiwa kecelakaan. Dimana sekitar 70 persen melibatkan kendaraan roda dua.

"Mayoritas kecelakaan menimpa pengendara yang masih dalam usia produktif," ungkapnya.

Menurut Irvan, mayoritas kecelakaan lalu lintas di kota pahlawan disebabkan oleh human error atau kesalahan manusia. Atas dasar itulah kemudian operasi gabungan kali ini digelar.

"Tidak hanya fisik yang kita periksa. Kita juga memeriksa pengemudinya," imbuh Irvan.

Irvan menjelaskan, dalam operasi gabungan tadi pagi Dishub bertugas memeriksa kelengkapan izin trayek dan izin Kir. Sementara kepolisian memeriksa kelengkapan surat kendaraan seperti SIM dan STNK.


Sementara untuk pemeriksaan urine dan kadar alkohol bagi pengemudi kendaraan, menurutnya, merupakan tugas dari Dinas Kesehatan dan BNN. ( Ham )
Lebih baru Lebih lama
Advertisement