Ribuan Kiai Dukung Cagub Jatim La Nyalla M.M

SURABAYA - Dari puluhan dan ratusan, kini ribuan Kiai Golongan Putih (Kiai Khos/Khusus), menyanggupi dukung sepenuh hati La Nyalla Machmud Mattalitti, untuk menjadi Gubernur Jatim periode tahun 2018-2023. Kenyataan itu, bisa disimak di Jember, saat ribuan Kiai,  Alim Ulama dan Syekh mendoakan kemenangan H. La Nyalla Mahmud Mattalitti, pada Kamis malam Jumat Legi, kemarin.

"Kami menerima dukungan tulus dari para Kiai Khos dari beberapa kantong-kantong penting dan strategis di Jatim ini," ungkap H. Ilhamsyah kepada wartawan, saat buka bersama jelang Idul Fitri 1438 H, dan paling faktual kemarin di Jember, tegasnya lagi.

Sungguh itu para Kiai Khos, lanjut Gus Ilham panggilan karibnya, siap mendukung sepenuh hati untuk memenangkan Pak Haji La Nyalla sebagai Gubernur Jatim pada Pilgub Jatim 2018.

Sudah mahfum di kalangan masyarakat luas bahwa kini muncul istilah Kiai Putih yang asalnya dimotori KH. Hasjim Muzadi dan KH. Sholahuddin Wahid,  menjelang Muktamar NU di Tebuireng Jombang dan lebih mengkristal lagi, ketika Ahok maju Pilgub Dki 2017 ini disertai " kesengajaan"  melempar isu Al Maidah 51 dan Fitnah Ulama, sehingga barisan lain yang tidak selaras dengan sikapnya Kiai Putih itu disebut barisan lain.

Proyeksi dukungan Kiai Putih kepada La Nyalla ini akan meluas bak deret hitung yang jumlahnya mencapai ribuan. Apalagi, sosok La Nyalla disuppporting Nyalla Academia dan puluhan elemen sosial itu bergerak dan rajin silaturahim ke ponpes-ponpes maupun tokoh-tokoh agama dan para alim ulama yang menjaga hidupnya seputih salju (mukasyafah).

" Insyaa Allah, ribuan Kiai, Kiai Khos dan Alim Ulama dari seluruh pelosok di Jawa Timur ini sepenuhnya mendukung Pak La Nyalla, " tandas lagi, Gus Ilham. 

Ia pun menyatakan keyakinannya itu, karena dirinya ikut anjang dan silaturahim ke para Kiai-Kiai Khos sebelum bulan Ramadhan dan di saat Puasa Ramadhan maupun di dalam bulan Syawal 1348 ini.

Apa bukti nyatanya?  Haji Ilham yang juga tokoh Pemuda Pancasila dan Pengurus Golkar Jatim itu memaparkan bahwa pernyataan dan nasehat para Kiai Khos atau Kiai Putih ini, menyatakan terbuka beragai alasan faktual (reasoning) di depan rombongan kecil yang dipimpin oleh La Nyalla M. Mattalitti sendiri.

"Para Kiai dan Alim Ulama itu bilang kalau Pak Nyalla lebih tegas dan tidak sekadar berjanji saja. Lha soal kekurangan, yang namanya manusia semua memiliki hal itu,  tapi jujur sikap dan semangatnya tinggi ini tidak dimiliki calon lainnya. Dan insyaa Allah La Nyalla menang secara wajar," tutur Gus Ilham lagi.

Menurut info di arus bawah  dari para Kiai Putih itu,  sosok La Nyalla termasuk perspektif Gubernur Jatim yang didambakan duduki Kursi Jatim 1. 

Hal senada diungkapkan oleh H. Meulillah Osman yang juga tokoh pemuda Jatim dari jajaran Pemuda Panca Marga (PPM), “Mas Nyalla itu kuat dan cair di kalangan masyarakat luas, ia sebagai Cawagub saja tidak ada yang mampu menandingi secara figur. 

Hanya saja, lanjutnya,  jika nasib berpihak seijin Allah kepadanya,  “niscaya Mas Nyalla akan duduk sebagai Gubernur Jatim,” celetuk Meulilla Osman Sekretaris PPM Jatim yang alumnus Fisip UWK, saat bertemu di Malang, kemarin.

Oleh sebab itu, jika bertanya halus kepada para Kiai Putih, misalnya di kawasan  Madura akan menjawab kompak menangkan La Nyalla,  karena mereka anggap La Nyalla bukan sosok orang lain.

"Betul itu, Mas," celetuk seorang wartawan yang pernah mengikuti La Nyalla bersilaturahim ke para Alim Ulama di Madura, samoai ke Desa Jeruk Sampang di puncak bukit yang jauh dari nuansa perkotaan itu. (mashur)

Posting Komentar

0 Komentar