DP3AP2KB Kota Kediri Gelar Pembinaan Kader PPKBK dan Sub PPKBK




Kabid Pengendalian Penduduk DP3AP2KB Kota Kediri memberikan sambutan dihadapan kader PPKBK

KOTA KEDIRI – Dalam rangka mewujudkan keluarga yang berkualitas, Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) kembali menggelar pembinaan kepada kader Pembantu Pembina Keluarga Berencana Kelurahan (PPKBK) dan Sub PPKBK se-Kota Kediri, Kamis (12/10) pagi di Gedung Serbaguna Kelurahan Lirboyo, Kec. Mojoroto.

Kegiatan pembinaan tersebut sangat penting dilakukan secara rutin sebagai bekal para kader PPKBK dan Sub PPKBK untuk mensosialisasikan dan memberi edukasi program KB kepada masyarakat. Para kader diharapkan lebih maksimal dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya untuk bersosialisasi melalui kelompok Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR) maupun Bina Keluarga Lansia (BKL) sehingga peningkatan peran wanita menuju keluarga yang sehat sejahtera dan yang berkualitas bisa cepat terwujud.

Pembinaan kader PPKBK dan Sub PPKBK mengarah kepada upaya pemberdayaan keluarga dengan fokus terhadap fungsi-fungsi keluarga dan masing-masing fungsi keluarga terdapat nilai-nilai dasar yang harus diikuti. Untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang sejahtera berawal dari pembangunan karakter yang hebat yakni yang berintegritas, berpendidikan, pekerja keras, gemar bergotong-royong, dan mampu berkomunikasi dengan baik.

Acara pembinaan tersebut dihadiri oleh Kepala DP3AP2KB Kota Kediri yang diwakili Kepala Bidang Pengendalian Penduduk DP3AP2KB, Kepala Bidang Keluarga Berencana DP3AP2KB, Kepala Kelurahan Lirboyo, seluruh Kasi dari Bidang Pengendalian Penduduk dan Bidang Keluarga Berencana DP3AP2KB, Koordinator Penyuluh KKBPK se-Kota Kediri, Penyuluh KKBPK wilayah Kec. Mojoroto, seluruh Kader PPKBK dan Sub PPKBK Kec. Mojoroto dan tokoh masyarakat.

Kepala Kelurahan Lirboyo, Nanang Wahyono mengatakan bahwa seluruh kader PPKBK dan Sub PPKBK merupakan ujung tombak sekaligus menjadi tulang punggung dalam rangka meningkatkan peran serta masyarakat untuk mensukseskan program keluarga berencana di lingkungan Pemerintah Kota Kediri khususnya di Kec. Mojoroto.

Ia berharap peran dari kader PPKBK dan Sub PPKBK dapat meningkatkan kemakmuran, kesejahteraan, kepedulian, tentunya menjadikan Kota Kediri lebih maju. “Kami mewakili Pemerintah Kota Kediri menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh kader. Begitupun juga Kita do’akan Pemerintah Kota Kediri dalam hal ini Pak Wali bisa lebih memperhartikan keberadaan kader PPKBK, “ ujar Lurah Lirboyo.

Sementara itu, Kabid Pengendalian Penduduk DP3AP2KB Kota Kediri, Rice Oryza Nusivera atau yang biasa disapa Riris dalam kesempatan tersebut menyampaikan penghargaan dan terimakasih kepada para kader yang berada di setiap kelurahan di wilayah Kec. Mojoroto yang selama ini telah bersinergi dalam membantu mensukseskan program kependudukan keluarga berencana dalam rangka meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan keluarga khususnya di Kota Kediri untuk menuju masyarakat Indonesia yang lebih baik.

Sebagaimana kita ketahui, lanjut Riris, pada tanggal 14 Januari 2017 lalu Presiden RI Bapak Joko Widodo telah mencanangkan Kampung KB di Kab. Cirebon Jawa Barat. Hal ini juga didukung dengan dikeluarkannya Surat Edaran dari Menteri Dalam Negeri No. 440/70/SE Tanggal 11 Januari 2016 tentang Pencanangan dan Pembentukan Kampung KB yang kemudian ditindaklanjuti dengan Surat Edaran Gubernur Propinsi Jawa Timur No. 440/90365/012.4/2017 Tanggal 31 Juli 2017 tentang Dukungan Lintas Program dan Lintas Sektor guna mendukung program Kampung KB di Propinsi Jawa Timur.

Kampung KB merupakan miniatur pelaksanaan program KB secara terpadu dan komperhensif ditingkat lini lapangan yaitu kelurahan, dusun, RW, dimana setiap kampung KB merupakan konsep terpadu program KB dengan program pembangunan lainnya seperti pendidikan, kesehatan, ekonomi dan lain-lain.

Pemerintah Kota Kediri melalui DP3AP2KB telah mempunyai komitmen yang kuat dengan mencanangkan Kampung KB di Kelurahan Bawang Kec. Pesantren pada tahun 2016. Untuk tahun ini, sudah bertambah 2 Kampung KB yaitu di Kelurahan Manisrenggo Kec. Kota dan Kelurahan Tamanan Kec. Mojoroto, dan saat ini mulai dirilis juga Kampung KB di Kelurahan Ketami Kec. Pesantren sehingga diharapkan pada tahun 2018 lebih dari 50% kelurahan di Kota Kediri sudah terbentuk Kampung KB.

“Melalui kegiatan ini kader PPKBK dan Sub PPKBK dapat menambah wawasan Kampung KB di Kota Kediri dan diharapakan dapat membantu  mensukseskan Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) di Kota Kediri dalam rangka meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan keluarga menuju masyarakat Indonesia lebih baik serta semoga kegiatan ini bisa bermanfaat bagi seluruh kader PPKBK dan Sub PPKBK pada khususnya dan masyarakat Kota Kediri pada umumnya,” harap Riris.(dim)

Posting Komentar

0 Komentar