Berita Terbaru

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

TERPOPULER

DPRD Bondowoso Dukung Pembangunan Jalan di Kawasan Wisata

BONDOWOSO – Ahmad Dhafir selaku Ketua DPRD Kabupaten Bondowoso, mendukung adanya pembangunan jalan yang menuju kawasan wisata Batu Susun di Desa Solor Kecamatan Cermee layak diajukan menjadi percontohan Jalan Nasional.

Fungsi legislatif ini adalah melakukan pengawasan. Secara kasat mata kita bisa lihat bahwa ini (proyek pembangunan jalan di kawasan Batu Susun) sangat layak diajukan menjadi percontohan nasional, tutur Ahmad Dhafir saat melakukan pemantauwan pembangunan jalan di kawasan wisata Batu Susun, Senin 02/10/2017.

Ia menambahkan, sesuai dengan tugasnya sebagai wakil rakyat, dirinya akan terus melakukan pengawasan agar proyek berjalan sesuai koridor serta dapat memberikan mamfaat bagi masyarakat.
Tugas seorang anggota dewan adalah melakukan pengawasan. Apalagi saat ini proyek sedang berjalan, tidak bisa kita bilang ini ada indikasi korupsi lah atau apa. Saya sangat mendukung ini dijadikan percontohan Nasional, katanya.

Sementara itu, kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Karna Suswandi menerangkan bahwa ada beberapa kriteria proyek yang bisa dijadikan percontohan nasional. Pertama, proyek tersebut dimulai dari nol, atau jalan masih dalam keadaan tanah.

Kondisi jalan ini benar-benar tidak ada apa-apa, lalu kita bangun awal kemudian kita ajukan ke Pemerintah Provinsi Jawa Timur, ucap Karna.Kedua, ia mengatakan untuk menjadi percontohan nasional, jalan tersebut harus bisa mendukung kegiatan Pemerintah secara terpadu dan mendorong aktivitas perekonomian masyarakat sekitar.

Contohnya pembangunan jalan di Solor ini akan digunakan untuk meningkatkan aktivitas kepariwisataan di kawasan Batu Susun. Ini otomatis akan memberikan mamfaat pada perekonomian masyarakat, ujarnya.

Rencanaya pembangunan ini akan menghubungkan dua kawasan potensial di Bondowoso yakni, kawasan wisata Batu Susun di Kecamatan Cermee dan kawasan wisata Ijen di Kecamatan Ijen. Akses jalan menuju lokasi wisata Batu Susun di Desa Solor panjangnya mencapai 9,5 km dengan anggaran pembangunan mencapai Rp.11,038 milyar dari Dana Alokasi Khusus (DAK) APBN.

Kepala Desa Solor Supandi, bersyukur karena kekayaan alam Desanya mendapatkan bantuan berupa pembangunan jalan menuju kekawasn wisata Batu Susun. Ia berharap agar hal ini dipandang sebuah peluang besar oleh warganya untuk memulai berdagang di sekitar lokasi wisata seperti apa yang juga diharapkan Pemerintah Bondowoso.

Alhamdulillah wisata dikawasan desa ini mendapat dukungan besar dari Pemerintah Kabupaten. Tentu ini bisa dimamfaatkan  oleh warga Desa Solor apalagi jalannya sudah enak tidak seperti dulu, pungkas Supandi.

Dalam kesempatan tersebut, hadir juga Bupati Bondowoso Drs. H. Amin Said Husni beserta rombongan diantaranya, Dandim 0822 Bondowoso Tarmudji, Pimpinan Bank Jatim Suwoto, Kepala Diskoperindag Bangbang soekwanto, Disperta H. Munandar, Disparpora Harry, ADM Perhutani Bondowoso Agus Sarwedi, Camat Cermee  Suhari dan Kepala Desa se Kecamatan Cermee. (Tok)

Post Comment

Tidak ada komentar:

Berikan Tanggapan Anda