Jadikan Grebeg Suro Sebagai Aset Budaya Bangsa

JOMBANG - Wakil Bupati Jombang Hj. Mundjidah Wahab memberangkatkan Acara gerebeg syuro dalam rangka peringatan Tahun baru Islam 1439 Hijriah, di dampingi camat wonosalam beserta Panitia juga di sambut dengan rasa syukur dan antusias warga yang ikut dalam rombongan arak arakan tumpeng, kegiatan tahun 2017.

Ini di lakukan warga Dusun Notorejo, Dusun tukum , dan Dusun Pucang Rejo Desa Wonosalam  serta melibatkan fihak yang simpatik adanya kegiatan ini. tidak sedikit warga dari luar daerah turut menyaksikan berikut juga petugas dari Perhutani BKPH Gedangan.

Tumpeng berbagai macam ukuran di berangkatkan Wakil Bupati dari pelataran bumi perkemahan Selo Ageng (28/09/2017) menuju puncak gunung kuncung (Makam Mbah Wali wono Segoro) kurang lebih berjarak tempuh 1,5 kilo meter.

Menurut Ketua Panitia Ganda Firmanto" Kegiatan ini di laksanakan sudah ke 4 kalinya, bertujuan untuk melestarikan budaya dan mendoakan agar warga tidak lupa dengan sejarah  Mbah Wali wono Segoro.

Dalam tempat yang sama Kepala Desa Wonosalam samuki , juga camat wonosalam Heru Cahyono mengatakan" Terima kasih pada semua fihak yang sudah bersatu padu dalam acara grebeg suro tahun ini, semoga bermanfaat dan barokah serta menjadi perhatian Dinas pariwisata Jombang.

Sebelum Memberangkatkan Hjh Mundjidah Wahab berpesan " Dalam acara ini semoga masyarakat tetap menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, serta di jauhkan dari bala, dan sengkala atau musibah oleh ALLAH SWT, karena segala bentuk sodakoh untuk kebaikan bisa menjauhkan dari bala,(musibah)" Pungkasnya.

Dari kegiatan ini  saat malam harinya di adakan pertunjukan Wayang kulit di puncak gunung demi untuk melestarikan budaya bangsa yang memiliki keanekaragaman pandangan dan latar belakang. (jit)

Posting Komentar

0 Komentar