Santri Harus Memiiliki Jiwa Patriotisme



BONDOWOSO – Ketua DPRD Bondowoso H. Ahmad Dhafir membacakan ikrar Santri Nasional pada apel akbar peringatan Hari Santri Nasional ke-2  yang dilaksanakan oleh Pemkab Bondowoso di Alun-alun RBA Ki Ronggo, Minggu 22/10/2017, sore.

Upacara formal itu berjalan cukup khidmat. Bunyi ikrar Satri Nasional tersebut di antaranya adalah, berpegang teguh pada akidah ahlusunnah wal jamaah. Bertanah air Indonesia dan berideologi Pancasila. Santri Nasional juga harus siap mengerbankan jiwa dan raga demi membela tanah air, imbuh Ahmad Dhafir kemudian disusul oleh ratusan santri yang memadati Alun-alun.

Usai apel, Ahmad Dhafir mengungkapkan bahwa santri hari ini harus ingat dengan perjuangan santri terdahulu yang telah berjuang menegakkan bangsa Indonesia. Dhafir mengimbau agar santri saat ini dapat menjaga apa yang telah santri terdahulu perjuangkan. Santri hari ini harus mempunyai jiwa patriotisme tinggi agar kemerdekaan yang telah mereka titipkan dirawat dengan baik.

Dulu para Ulama’ telah berjuang untuk meraih dan mempertahankan kemerdekaan. Lalu perjuangan kita hari ini selaku penerus adalah, melanjutkan apa yang menjadi cita-cita Ulama’ yaitu tegaknya bangsa. Santri hari ini harus memiliki jiwa patriotisme tinggi. Karena pada dirinya tertanam amanah yang dititipkan oleh santri terdahulu, tambah Dhafir. (Tok)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement