Pemkot Optimis Pekerjaan Tanggul Kali Lamong Mampu Lindungi 3 Kawasan

Surabaya Newsweek- Proses pengerjaan Tanggul Kali Lamong Wali Kota Tri Rismaharini tetap optimis pembangunan tanggul bisa melindungi 3 kawasan langganan luapan Kali Lamong.

"Saat ini masih 2 km sumbangan dari pusat. Tapi sekarang sisanya (8 km) kita kerjakan sendiri," katanya saat sidak Tanggul Kali Lamong, Sabtu (11/11/2017).

Walaupun, masih kurang, Risma tetap yakin bisa melindungi 3 kawasan langganan banjir akibat luapan Kali Lamong. "Ini masih panjang, tapi minimal untuk tahun ini bisa untuk pengamanannya," ujarnya.

Rencana  pengerjaan tanggul Kali Lamong sepanjang 8 km dari total 10 km itu sudah memakan waktu 3 tahun yang disebabkan lamanya pengerjaaan bukan lantaran keterlambatan, melainkan proyek tersebut bukan proyek yang di danai.

"Ini sudah jalan tiga tahun dan kita juga tidak menargetkan, ya memang bukan proyek. Kita kerjakan sendiri," ungkap Kepala Dinas PU Bina Marga dan Pematusan Surabaya Erna Purnawati yang ikut mendampingi Risma.

Erna mengatakan, Tanggul Kali Lamong adalah, proyek bersama pemerintah pusat tapi Pemkot Surabaya tidak mempunyai anggaran, sehingga pembuatan tanggul yang belum dikerjakan dengan membuat tanggul alam atau urukan tanah yang ditumpuk hingga tinggi dan lebar.


"Yang didanai pusat kontruksinya itu, sampai situ kan kelihatan. Nah selanjutnya ini kita yang bangun tanggul alam tidak ada anggarannya ini," jelas Erna. ( Ham )

Posting Komentar

0 Komentar