Sapras Olahraga Harus Memadai Jika Sister City Dengan Liverpool

Surabaya Newsweek- Kalangan legislator menyambut baik upaya kerja sama yang dilakukan Pemkot Surabaya dengan Pemkot Liverpool Inggris, yang di antaranya di bidang olahraga.
Disampaikan Wakil Ketua Komisi D DPRD Surabaya Junaedi, bahwa kerja sama tersebut diharapkan menjadi stimulus untuk membangkitkan olahraga di Kota Pahlawan.
Dia juga mengatakan, kerja sama dengan Kota Liverpool seyogianya dibarengi dengan optimalisasi sarana dan prasarana (sarpras) olahraga.
Melalui sister city dengan Liverpool dan tersedianya sarpras yang  memadai, Junaedi berharap agar Kota Surabaya kembali bisa mencetak atlet olahraga sepak bola andal, bahkan sampai ke tingkat internasional.
“Keinginan ini bisa terwujud ketika sarana dan prasarana yang kita punya diperbaiki. Kami akan mendorong Pemkot Surabaya segera mengoptimalkan melalui support anggaran APBD," kata Junaedi, kemarin.
Pernyataan ini dia sampaikan, di sela sidak ke mess dan Stadion Karanggayam bersama pimpinan dan anggota Komisi D DPRD Surabaya lainnya, kemarin.
Legislator dari Partai Demokrat ini menyebutkan, Stadion Karanggayam merupakan sarana olahraga legendaris di Kota Pahlawan. Karena stadion ini, jelasnya, pernah 'melahirkan' beberapa pemain sepak bola terbaik di kancah nasional.
“Stadion Karanggayam dan Gelora Sepuluh Nopember sangat memungkinkan untuk direvitalisasi, agar kondisinya semakin layak dan baik,” ujarnya.
Dia menambahkan, dari stadion ini kesebelasan kebanggaan arek-arek Suroboyo, Persebaya, pernah jaya pada tahun 1997, dan berhasil memunculkan sejumlah pemain sepak bola andal. Di antaranya Eri Irianto, Anang Ma’ruf, Bejo Sugiantoro, dan Uston Namawi.
Pihaknya juga mengapresiasi upaya Pemkot Surabaya yang telah berhasil mengembalikan Stadion dan Mess Karang Gayam menjadi aset pemkot.
Sedang anggota Komisi D DPRD Surabaya Sugito minta kepada Dispora Kota Surabaya segera membuat formula yang baik terkait optimalisasi Mess Karang Gayam dan Gelora Sepuluh Nopember.
“Kerja sama sister city dengan Liverpool nantinya, perlu ditindaklanjuti dengan serius demi kemajuan olahraga di Kota Surabaya. Untuk itu, dinas terkait harus bergerak,” harap Sugito.
Terkait upaya sister city antara Surabaya dengan Liverpoll, pada Senin (27/11/2017) Wali Kota Tri Rismaharini menerima kunjungan Wakil Wali Kota Livepool, Gary Millar.
Risma mengapresiasi positif kunjungan Gary Millar yang ingin mempererat hubungan kerjasama dengan Surabaya.
Menurut Risma, Surabaya dan Liverpool memang memiliki banyak kesamaan dalam beberapa bidang. Di Liverpool, sebutnya, ada keseimbangan antara pendidikan, seni, musik, dan olahraganya bagus.
"Itu yang ingin saya kembangkan di Surabaya. Kalau itu bisa terpenuhi, seluruh komponen masyarakat yang tertarik di bidang apapun akan bisa berkembang,” kata Risma.

Terkait realisasi kerja sama di bidang olahraga dan art/musik, untuk program jangka pendek, ungkap Risma, pemkot tengah melakukan seleksi anak-anak U-11 untuk bisa latihan sepak bola di Liverpool. Termasuk juga untuk seniman/pemusik di Surabaya. ( Ham )

Posting Komentar

0 Komentar