Berita Terbaru

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

Subscribe

TERPOPULER

Poskesdes Sarimulya Jaga Ibu Hamil dan Balita

BATULICIN - Dalam rangka peningkatan Program Kesehatan Ibu dan Anak serta Program Keluarga Sehat, Puskesmas Mantewe mencoba melakukan terobosan yaitu dengan menunjuk Kader Pengejar Ibu Hamil dan Timbangan Balita.

Berdasarkan informasi yang didapat dari Kepala Puskesmas Mantewe Arditya A.W. para kader ini nantinya bertugas untuk mengingatkan para ibu hamil baik yang sedang hamil pertama atau kedua dan seterusnya untuk selalu rutin memeriksakan kehamilannya. Sedangkan untuk ibu-ibu yang memiliki balita, agar terus datang pada kegiatan posyandu rutin. 

Kecenderungan yang terjadi selama ini adalah setelah mendapat imunisasi dasar lengkap, biasanya mereka menjadi enggan datang secara rutin. Para ibu baru datang kembali saat pembagian kapsul vitamin A di bulan Februari dan Agustus.

Sedangkan untuk meningkatkan penetrasi maksimal di tiap lingkungan, dilakukanlah kerjasama dengan Pemerintah Desa Sarimulya yang melibatkan aparat desa.Fokus utama pelayanannya adalah melalui Poskesdes Sarimulya. Kegiatan Posyandu bulanan yang rutin dilaksanakan menjadi salah satu indikator tingkat Kesehatan Ibu dan Anak dan Program Keluarga Sehat.

Petugas Kesehatan Desa, Ahmad Maulana menyampaikan bahwa jadwal kunjungan posyandu dicatat dengan baik dan dievaluasi. Apabila ada ibu dan balitanya yang tidak berkunjung, maka akan ditempel pemberitahuan di kantor desa. Lalu akan dibagikan ke tiap Ketua RT domisili keluarga tersebut untuk selanjutnya diberitahu dan diingatkan agar melakukan kunjungan ke Posyandu pada bulan berikutnya.

Selanjutnya, ada juga Program Kewaspadaan Ibu Hamil. Bidan Desa Sarimulya, Wagiyani menyampaikan, petugas kesehatan bersama dengan pemerintah desa selalu berusaha memberikan pelayanan persalinan yang terbaik di Poskesdes. Kenyamanan ibu hamil saat mulai pemeriksaan hingga persalinan sangat nyaman, dilihat dari keadaan Poskesdes yang tenang dan teduh.  "Alhamdulillah, sekarang semua persalinan sudah dilakukan di fasilitas kesehatan yang ada," ucapnya.

Bahkan kami membuat spanduk yang mengajak untuk memperhatikan ibu hamil, beserta call center yang bisa dihubungi apabila ada keadaan darurat berkaitan dengan ibu hamil. Dan nomor yang digunakan merupakan nomornya sendiri. (Rel/mc/adv/maiya)

Post Comment

Tidak ada komentar:

Berikan Tanggapan Anda