Tanbu Akan Terapkan Pelayanan Dokumen Kependudukan Berbasis Aplikasi Ponsel

BATULICIN  - Mobilitas masyarakat yang dinamis dan selalu berubah saat ini turut memberikan dampak dalam pelayanan bidang kependudukan. Guna memudahkan perubahan data kependudukan yang terjadi, Pemerintah Kabupaten Tanah Bunbu melakukan sebuah inovasi melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil yaitu pelayanan kependudukan melalui aplikasi ponsel Whatsapp (WA).

Pada Kamis, (8/3/2018), bertempat di Ruang Rapat Asisten Bidang Pemerintahan, Kantor Bupati Tanah Bumbu, dilakukan pertemuan membahas hal tersebut bersama dengan aparat desa dan camat yang akan dijadikan pilot project pelayanan ini.

Desa-desa yang berkesempatan menikmati pelayanan ini adalah Desa Sungai Loban, Sari Mulya, Giri Mulya, Angsana, Binawara dan Lasung. Desa-desa ini berada di 4 kecamatan yaitu Kecamatan Sungai Loban, Angsana, Kuranji dan Kusan Hulu.

Menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Tanah Bumbu, Kursani,  desa-desa ini terpilih sebagai pilot project karena sudah tersentuh jaringan internet dan  ditetapkan menjadi Kampung KB. Disamping itu, desa tersebut  juga aktif dalam hal pelayanan kependudukan.

Pelayanan ini sementara meliputi pembaharuan dan atau perubahan variabel data kependudukan seperti nama, tempat tanggal lahir, pendidikan, jenis pekerjaan dan status perkawinan.

Menurut Kursani, masyarakat hanya perlu menyiapkan syarat-syarat yang telah ditentukan dan selanjutnya membawa berkas tersebut ke kantor desanya. Aparat desa akan menindaklanjuti proses selanjutnya melalui WA kepada pihak Kecamatan dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Tujuan utama pelayanan ini adalah untuk memperpendek jarak tempuh masyarakat dan waktu yang terpakai dalam pengurusan perubahan data ini. Juga apabila ada data yang kurang, maka bisa langsung diperbaiki atau dilengkapi saat itu. Hasil akhirnya nanti setelah selesai cetak akan langsung dikirim ke alamat masyarakat yang melakukan pembaruan. (Rel/Mc/Adv/Maiya)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement