IT Camp, Serunya Belajar IT di Alam Terbuka

BATULICIN - Bertempat di Pantai Angsana Kabupaten Tanah Bumbu, Puluhan Batikers (sebutan peserta Rawa Batik) mengikuti IT Camp yang dilaksanakan oleh Dinas Kominfo Provinsi Kalimantan Selatan bekerjasama dengan Dinas Kominfo Kabupaten Tanah Bumbu dan Relawan TIK Indonesia.

Acara yang dilaksanakan dari tanggal 6 s.d 8 April 2018 tersebut di ikuti sebanyak 50 orang Batiker dari SMKN 1 Simpang Empat Tanah Bumbu dan SMKN 2 Banjarmasin.  Adapun kegiatan yang dilaksanakan di  IT Camp meliputi praktik dan pelatihan IT, penanaman bibit pohon, dan game menarik untuk mengakrabkan sesama batikers.

Sekretaris Diskominfo Tanbu, Riza Akhyari, mengatakan tujuan dilaksanakanya kegiatan ini untuk menjalin silaturahmi antara batikers dan juga memberikan edukasi implementasi program teknis IT. 

"Kegiatannya belajar IT dan langsung praktek lapangan. Selain itu juga di isi dengan kegiatan penanaman pohon dan kegiatan lapangan lainnya untuk saling mengakrabkan," sebut Riza. 

Kegiatan IT Camp merupakan yang pertama kali dilaksanakan. Mengusung konsep belajar dialam terbuka, kegiatan ini pun menjadikan para pesertanya begitu antusias belajar IT.  

Salah satu pesertanya, Ari (18 tahun) mengatakan melalui kegiatan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuannya seputar IT. Selain itu, dengan kegiatan ini pula mengajarkannya menjadi pribadi yang mandiri dan belajar bekerjasama.

"Mengikuti IT Camp baru pertama kali, senang rasanya bisa kumpul bersama teman-teman Batikers dari daerah lain," kata Siswa kelas 2  SMKN 1 Simpang Empat Tanah Bumbu.

Ia menambahkan, dengan mengikuti kegiatan IT Camp pengetahuannya bertambah karena banyak materi yang diberikan dari sebelumnya tidak tahu menjadi tahu, ucapnya.

Hal senada juga disampaikan peserta IT Camp, Nanda, yang mengaku sangat senang mengikuti kegiatan IT Camp. Dengan kegiatan ini, sebutnya, dapat mengakrabkan hubungan dengan teman-teman dari sekolah lain.

"Acaranya seru. Disamping belajar IT, kegiatan ini juga mengajarkan kedisiplinan dan mandiri," ujar Nanda, seraya mengatakan di IT Camp tidak hanya diajarkan jaringan dan editing tetapi juga kebersamaan dan mencintai lingkungan.

Ari Rahman, pencetus kegiatan IT Camp mengatakan kegiatan ini bisa dilaksanakan setiap tahun dengan harapan banyak lagi batikers - batikers yang ikut dikegiatan yang akan datang.

Adapun nara sumber dalam kegiatan IT Camp ini yaitu dari Kepala Bidang E-Government Diskominfo Provinsi Kalsel, Kasi Sumber Daya Komunikasi Publik Diskominfo Kalsel, dan Sekretaris Diskominfo Tanah Bumbu.  

Untuk diketahui, Batikers merupakan sebutan untuk peserta Rawa Batik (Ruang Aktifitas Warga Belajar Aplikasi TIK). Rawa Batik merupakan program terbaru dan unggulan dari Dinas Komunikasi dan Informatika Tanah Bumbu. Rawa Batik ini disiapkan untuk menuju transformasi digital. (Rel/Mc/Adv/Maiya)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement