Memanas Urunan Proposal Diinternal Kepala Desa


TULUNGAGUNG - Menyoal mengenai biaya pungutan proposal sekitar 2016 silam Kepala Dinas kominfo, Tulungagung,Tranggono saat itu menjabat sebagai Kepala DPMD (Dinas Pendapatan Masyarakat Desa) Tulungagung kemarin menjelaskan, tentang pungutan dirinya tidak tahu siapa  yang membuat maupun yang menyuruh melakukan kegiatan itu ." Tanyakan ke orangnya jangan ke saya, saya tidak tahu ", ucap Tranggono

Infonya, Kurang lebih 100 Kepala Desa dimintai urunan Rp 3 juta, dimaksud buat kepentingan pengajuan mendapatkan bantuan di Kementrian Desa yang diajukan melalui DPMD. Menghangatnya kembali urunan proposal yang sekian lama itu, berusaha mengkonfirmasi Kepala Desa Tiudan, Wajib Efendi, namun beliau tidak ada dikantornya, biasanya pagi sudah dikantor, hari ini belum ngantor,  kata stafnya, Rabu (29/1). 

Kemudian mencoba mendatangi  Wajib Efendi dirumahnya yang tidak jauh dengan balai Desa Tiudan, seorang wanita paruh baya menghampiri "Bapak lagi jalan-jalan", sahutnya.  Berharap Wajib Efendi bisa memberikan keterangan maupun Kepala Desa Sidomulyo Kecamatan Gondang.  Dimana salah satu Kepala Desa yang tidak ingin menyebutkan nama, selayaknya pungutan itu tidak terjadi, tuturnya. 

Terungkapnya urunan proposal di beberapa Kepala Desa setelah dipanggil oleh APH ( aparat penegak hukum ) Kejaksaan, Kades sudah dimintai keterangan. APH masih pulbaket ( pengumpulan bahan keterangan ) atau dihentikan karena tidak cukupnya bukti, belum dapat diiklarifikasi berkaitan kasus urunan proposal yang ditangani oleh Kejaksaan,  beberapa Kades sebagai terperiksa. Kabupaten Tulungagung begitu luasnya memiliki 19 Kecamatan dan 257  Desa yang terseberar di wilayah Tulungagung Jawa Timur. (Nan)

Posting Komentar

0 Komentar