Surat Kabar Mingguan Soerabaia Newsweek Konsisten Dalam Penerbitan di Usianya Ke-12


Pembicara dan Pemimpin Redaksi berfoto bersama anak Yatim Piatu.

SURABAYA - Diilhami oleh tiga orang jurnalis yang pernah berkiprah sebagai wartawan Koran Mingguan, Surabaya Minggu tahun 1980-an, yaitu- Beny Suwandono, Dominikus Layn (Domi) dan Bachtiar Utomo, pada pertengahan bulan Nopember 2007 dengan modal yang terbilang cekak alias pas-pasan untuk sekedar bisa terbit berdirilah SKM Soerabaia NEWSWEEK yang pada tanggal 19 November genap berusia 12 tahun.
12 tahun bukanlah waktu yang singkat bagi Soerabaia Newsweek untuk menjadi surat kabar mingguan yang dalam perjalanannya mengalami banyak tantangan di era teknologi informasi yang semakin pesat. “ Saya tidak menyangka, bahwa koran yang saya tangani tersebut masih dapat bertahan ditengah-tengah era persaingan bebas (free fight liberalation) pada media cetak maupun elektronik, “ ungkap Bachtiar Utomo dalam sambutannya selaku pemimpin Redaksi Soerabaia Newsweek di acara peringatan HUT Soerabaia Newsweek ke -12 yang diadakan  di Hall Great Diponegoro Hotel Surabaya, Selasa (19/11).
Pada pertengahan tahun 2015, SKM Soerabaia NEWSWEEK  mempunyai portal online: www.surabayanewsweek.com yang dilakukan secara terbatas dan belum semua personil media ini dapat bergabung untuk dimasukkan dalam jaringan media online kala itu.  Namun saat ini portal online inilah yang menjadikan SKM Soerabaia Newsweek dapat mengimbangi kemajuan teknologi informasi agar konten berita bisa diakses oleh pembaca setiap saat dimana saja berada dengan mengakses media online www.surabayanewsweek.com melalui gadget yang mereka genggam, dan hampir semua biro yang ada sudah tergabung dalam portal online Surabaya Newsweek.
Hadir dalam peringatan HUT Soerabaia Prof.Dr.Sadjijono (Guru besar Fak.Hukum Universitas Bhayangkara Surabaya, H.Yousri Nur Raja Agam (Wartawan senior,mantan Dewan Kehormatan PWI Jatim), Saiful Arief (Ketua DPD LPKAN /  Lembaga Pengawas Kinerja Aparatur Negara) Jatim,Hartanto Buchori (Ketua Umum PJI/ Persatuan Jurnalis Indonesia) .
Dalam sambutannya Prof.Dr. Sadjijono menyampaikan , 12 tahun bukanlah waktu yang singkat bagi Soerabaia Newsweek bisa bertahan hingga saat ini hanya karena kegigihan dan komitmen dari pemimpin redaksi dan biro-bironya lah yang bisa mempertahankan surat kabar mingguan ini tetap eksis ditengah persaingan era digital saat ini.
Saiful Arief selaku Ketua DPD LPKAN ( Lembaga Pengawas Kinerja Aparatur Negara) selama ini sering melakukan kerjasama dengan Soerabaia Newsweek dalam melakukan fungsinya di tengah masyarakat. “ Untuk itu kami sebagai Lembaga Pengawas Kinerja Aparatur negara kedepannya sangat berharap agar kerjasama ini tetap terjalin” Ujarnya.
Usai sambutan demi sambutan, seperti tahun sebelumnya pada peringatan HUT Soerabaia Newsweek yang ke 12 ini diserahkan pula santunan kepada anak yatim piatu yang diserahkan oleh Prof.Dr.Sadjijono dengan lantunan lagu Ayah. Suasana haru dengan isak tangis anak yatim saat lagu Ayah di lantunkan mengundang derai airmata para undangan.
Pada kesempatan ini Ketua Umum Persatuan Jurnalis Indonesia (PJI) memberikan penghargaan  kepada Pemimpin Redaksi Bachtiar Utomo sebagai orang yang telah membantu pemerintah turut serta selama 12 tahun dalam mencerdaskan bangsa melalui SKM Soerabaia Newsweek.
Wartawan Terbaik Soerabaia Newsweek dari Ki-Ka Vola D Zebua (Kabiro Blitar),Warjito (Kabiro Jombang), Hamid Arifin (Kabiro Surabaya). Bahtiar Utomo (Pimred).
Sebagai perusahaan media yang professional Managemen perusahaan juga  member apresiasi kepada Kabiro dan wartawan didaerah yang berprestasi dalam melaksanakan peranannya sebagai kabiro didaerah. Pada tahun ini wartawan terbaik diraih oleh Hamid Arifin (Kabiro Surabaya), Warjito (Kabiro Jombang), Vola D Zebua,ST (Kabiro Blitar Raya)
Saat ini kelembagaan, badan hukum PT Media Perkasa Utama hanya satu bidang usaha, pers/media massa melalui notaris Roma Panjaitan SH dan sudah didaftarkan pada Kemenkum HAM RI dan diteruskan pada Dewan Pers. PT tersebut yang juga menaungi online:www.surabayanewsweek.com.  Hal ini lah yang menjadikan SKM Soerabaia Newsweek dapat menjalin kerjasama/kemitraan advertorial dengan pemerintah daerah dimana saja.    
Mengutip (Soerabaia Newsweek 10/12/2015) “Dalam perkembanganya pola manajemen partisipatoris  yang dijalani ditambahi kata Spritual (doa). Rasionalitas belum menjamin kesuksesan sebuah usaha, telah banyak contoh sebuah usaha yang semata-mata hanya mengandalkan rasionalitas banyak menemui kendala dan hambatan yang akhirnya harus gulung tikar karena tidak mampu menghadapi persaingan. Secara teori atau menggunakan rasionalitas atau logika, usaha yang kita jalani selama ini mustahil mampu dapat bertahan hingga bertahun-tahun. Hal ini berkat Rahmat Tuhan Yang Maha Esa.” Seperti yang pernah dituliskan Bachtiar Utomo.Dirgahayu Soerabaia NEWSWEEK. (VDZ)

Posting Komentar

0 Komentar