PKK Desa Kemiri Mengadakan Pelatihan Membatik


BANYUWANGI - Dalam rangka untuk meningkatkan perekonomian masyarakat mikro, dan menggalakan UMKM pada pemerintahan desa sebagai prodak unggulan desa, Dengan anggaran Dana Desa (DD) tahun 2019 yang di poskan sebagai pemberdayaan masyarakat, maka desa Kemiri kecamatan Singojuruh Banyuwangi yang di mualai hari Kamis (19/12/19) s/d hari Sabtu (21/12/19) mengadakan Pelatihan Membantik yang diperuntukkan ibu-ibu PKK desa Kemiri sebanyak 10 orang.

Sebagai instrukturny di datangkan dari desa Padang bernama Adif yang penuh pengalaman di bidang batik membatik, juga menjalankan usaha batik di kota Pekalongan cukup lama, setelah pengalaman sudah dirasa cukup, Adfif pindah ke desa Padang kecamatan Singojuruh sambil mengembangkan usaha batiknya.

Pelllatihan membatik ibu-ibu PKK di saksikan oleh ketua BPD Kemiri Ady Cahyono, S.H,M.H , dan dikomfirmasi tentang pelatihan membatik yang diperuntukan ibu-ibu PKK menjelaskan “  bahwa pelatihan batik bagi ibu-ibu PKK sangat penting, sebab di era globalisasi sekarang ini, semua masyarakat kalau bisa harus mempunyai ketrampilan.

Semua itu dalam rangka untuk menunjang ekonomi makro masyarakat desa Kemiri. Membatik salah satu budaya bangsa yang sudah diakui Internasional terutama batiknya.  Untuk desa Kemiri sendiri harus mempunyai prodak unggulan, dan dengan diadakan pelatihan batik sekarang ini diharapkan desa Kemiri mempunyai cirri batik sendiri yaitu Kidang kencana.


Untuk hasil nantinya kalau sudah jalan, diharapkan bisa menunjang UMKM desa Kemiri yang garap menegamen Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) , jadi semuanya nanti di sport Bumdes mulai bahan baku, pemasarannya, dan menjadi prodak unggulan desa Kemiri.

Dampaknya nanti ibu-ibu PKK bisa membantu perekonomian keluarganya, juga bisa memperdayakan perekonomian desa Kemiri, yang paling penting bisa menambah PAD kemiri, dimana 80% masuk Bumdes dan 20% masuk desa yang di kelolah oleh ibu-ibu PKK bekerjasama dengan Bumdes.. Katanya

Ketua iPKK desa Kemiri juga menambahkan bahwa pemasarannya hasil batiknya nanti di mulai dari sekolah sekolah yang ada di desa Kemiri mulai dari sekolah PAUD. TK. SD. SMP. AMK dan masih banyak lagi, dan saya oftimis batik desa Kemiri ini akan tren katanya.

Adif sebagai instuktur pelatihan batik dikomfirmasikan bahwa yang diajarkan dan langsung praktek ini berupa batik secara cap, tetapi prosesnya kita mengikuti batik tulis, diajarkan mulai pemulahan pola,sisitimnya juga fuul pembantik. Sisitim coret dan sisitim cap. Katanya (jok)

Posting Komentar

0 Komentar