BUMDes Mendorong Ekonomi Warga Desa


TULUNGAGUNG - Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi mengucurkan dana triliunan program Dana Desa dalam lima tahun kedepan dapat di manfaatkan optimal terutama Badan Usaha Milik Desa ( BUMDes ). 
Semasih tahun anggaran baru laporan pertanggung jawaban APBDes Desa segera menyusun, yang mana  BPMD ( Badan Pengawasan Masyarakat Desa ) Kabupaten Tulungagung selaku mengawasi dan melakukan pembinaan serta pendampingan dalam menyamakan kondisi Badan Usaha Milik Desa yang ada  di lapangan, ucap Kasi BUMDes BPMD Kabupaten Tulungagung,  Muhaimin, Jumat ( 3/1/2020 )
Dalam penyertaan modal Pemerintah Desa dan Kabupaten  koordinasi seluruh Desa, Desa  memiliki banyak sumber berasal dari DD ( Dana Desa), ADD ( Alokasi Dana Desa ), PAD ( Pendapatan Asli Desa ). BUM Des di prioritaskan sebagai penggerak ekonomi warga dan ekonomi kreatif warga, ujarnya.
Untuk akhir tahun 2019 masih belum sepenuhnya Spj selesai, berhubung pencairan tahap pertama dan tahap kedua bulan pencairannya tidak bersamaan, katanya. Dari 257 Desa di sembilan belas Kecamatan yang berada di wilayah Kabupaten Tulungagung, sebanyak 240 Desa yang sudah siap melaksanakan BUMDes, sebagian Desa belum, ini segera menyusul kekengkapannya, terangnya. (Rid/Nan)

Posting Komentar

0 Komentar