Koramil 0820/19 Gending Perbaiki Tanggul Sungai


PROBOLINGGO - Keberadaan TNI dalam hal ini Babinsa di desa binaanya terasa sangat di butuhkan dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas pemerintahan di desa. Kedekatan Babinsa dengan masyarakat mutlak diperlukan, untuk itu di butuhkan kehadiranya setiap ada kegiatan yang sedang dilakukan di desa sehingga terjalin komunikasi yang timbal balik. Disaat masyarakat sedang ada musibah, Babinsa pun hadir ditengah tengah masyarakat, sehingga terasa seperti sebuah keluarga.

Inilah yang melatarbelakangi Kapten Inf Eddy Sutomo Komandan koramil 0820/19 Gending Kodim 0820/Probolinggo mengerahkan Anggota Babinsanya untuk ikut membantu warga masyarakat bahu membahu memperbaiki kerusakan tanggul sungai Brumbungan lor di Dusun Krajan Desa Brumbungan lor Kecamatan Gending Kabupaten Probolinggo yang ambruk akibat gerusan arus sungai. Minggu (26/01/20 ).

Menurut keterangan Faisal warga Dusun Krajan Desa Brumbungan lor, “ambruknya tanggul akibat dari intensitas hujan yang cukup tinggi di wilayah Gending dan sekitarnya, sehingga terjadi gerusan air terhadap tanggul sungai akibat derasnya aliran sungai yang melintas di sungai Brumbungan lor di Dusun Krajan Desa Brumbungan lor Kecamatan Gending,” terangnya.

Dalam kesempatan tersebut Komandan koramil 0820/19 Gending Kapten Inf Eddy Sutomo mengatakan, “kegiatan perbaikan tanggul yang melibatkan anggota Babinsa koramil 0820/19 Gending bersama warga desa tersebut, secara gotong royong dengan cara melaksanakan pembangunan plengsengan tanggul yang mengalami kerusakan akibat tergerus arus sungai akibat curah hujan yg deras.,” ujar Kapten Inf Eddy Sutomo .

Ia juga mengatakan, kegiatan ini bermula dari kekhawatiran warga jika tanggul tidak segera diperbaiki, maka kemungkinan akan menambah parah longsornya. Pasalnya selama sepekan ini curah hujan cukup tinggi. Namun berkat gotong royong yang dilaksanakan hari ini, tanggul yang sempat ambruk dapat teratasi dengan baik,” imbuhnya.

“Saya berharap dengan adanya kerja bakti ini, dapat memberikan manfaat bagi semua warga Desa Brumbungan lor, Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo. Selain itu kegiatan ini merupakan wujud kekompakan Babinsa koramil 0820/19 Gending dengan warga masyarakat sehingga tercipta kemanunggalan TNI dengan rakyat,” pungkasnya.

Ditempat yang sama Bpk.Erick S.sos. Kepala Desa Brumbungan lor menyampaikan ucapan terimakasih kepada koramil 0820/19 Gending dan warga masyarakat yang dengan sukarela ikut bahu membahu memperbaiki tanggul yang ambruk, sehingga tidak terjadi kerusakan yang lebih parah,” ujar Kades. (Suh)

Posting Komentar

0 Komentar