Pemkab. Tanbu Gelar Forum Konsultasi Publik, Dalam Rangka Awal RKPD Tahun 2021


BATULICIN - Dipenyusunan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menggelar Forum Konsultasi Publik bertempat di Mahligai Bersujud, Rabu (22/01/2020) pagi.

Wakil Bupati H. Ready Kambo membuka langsung Forum Konsultasi Publik tersebut dengan  mengatakan kegiatan yang dilaksanakan hari ini merupakan rangkaian dari proses perencanaan pembangunan untuk mematangkan rancangan awal RKPD Tahun 2021. "Konsultasi publik ini hendaknya dapat menjadi forum yang menentukan arah kebijakan pembangunan dengan mengedepankan skala prioritas pembangunan daerah"ujar Wabup.

Redy Kambo menekankan agar mengakomodir usulan masyarakat secara efektif, cermat, dan terencana, sehingga kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi secara berjenjang.

Pada penyusunan RKPD 2021 ini tentunya memperhatikan beberapa hal seperti penentuan program dan kegiatan bersifat yang menyentuh masyarakat secara langsung, melakukan penghematan pada belanja pemerintah dengan memprioritaskan pada belanja yang bersifat wajib seperti pelayanan dasar masyarakat, meningkatkan investasi di daerah dalam upaya mendorong PAD sehingga tidak tergantung dana bagi hasil batubara, percepatan pembangunan dan pembangunan infrastruktur yang mendukung pusat-pusat ekonomi / industri, infrastruktur, pedesaan, khususnya untuk memperlancar distribusi barang dan jasa, serta membangun komitmen seluruh stakeholder baik pemerintah, pelaku usaha, dan masyarakat untuk mendukung pencapaian target-target pembangunan yang telah di sepakati bersama.   

Sementara itu, Panitia pelaksana kegiatan, Ahmad Saubari yang juga menjabat Sekretaris Bappeda Tanbu mengatakan tujuan dilaksanakannya forum konsultasi publik adalah untuk menyamakan persepsi serta pemahaman bersama tentang arah pembangunan tahun 2021. Forum konsultasi publik ini diikuti  oleh unsur pemerintah, swasta, dan masyarakat. (irfan)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement