Penerapan Teknologi Adaftif Lokasi Dikerjasamakan


BATULICIN - Balai Besar Riset Pengolahan Produk dan Bioteknologi Kelautan dan Perikanan (BBRP2BKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Kab.) Tanah Bumbu ( Tanbu) melaksanakan kegiatan Penerapan Teknologi Adaftif Lokasi (PTAL) di Kab. Tanbu.

Memorandum of understanding (MoU) ditandatangani oleh Plt. Kepala Dinas Perikanan Tanbu Yulian Herawati dan Kepala BBRP2BKP Hary Eko Irianto, Kamis (23/01/2020) di Batulicin. Setelah penandatanganan MoU, diteruskan dengan presentasi rencana kegiatan PTAL

Wakil Bupati Tanbu, H. Ready Kambo, menyampaikan bahwa kerjasama yang dilaksanakan hari ini, diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat Bumi Bersujud. Sementara itu, Kepala BBRP2BKP Hery Eko Irianto mengatakan pihaknya sudah melakukan survei lapangan untuk kegiatan PTAL, Desa Inovasi Kampung Patin, dan Pengolahan Pupuk Hayati.

Menurutnya ada 2 (dua) desa yang nantinya menjadi lokasi kegiatan yaitu Desa Batulicin Irigasi Kecamatan Karang Bintang dan Desa Sungai Dua Kecamatan Simpang Empat. Melalui kegiatan ini, sebutnya diharapkan akan ada produk khas dari Kab. Tanbu yang tercipta. "Target yang ingin dicapai melalui kegiatan ini adalah penyerapan tenaga kerja dan meningkatkan perekonomian masyarakat" terangnya.

Untuk diketahui, PTAL merupakan suatu teknologi yang bersumber dari hasil penelitian dan pengembangan teknologi yang telah disesuaikan dengan lingkungan masyarakat untuk mengatasi masalah-masalah konkrit seperti perbaikan teknologi atau penerapan teknologi baru dengan spesifik lokasi. Tujuan PTAL adalah meningkatkan mutu suatu produk, penyerapan tenaga kerja, pemanfaatan bahan spesifik lokasi, dan perbaikan ekonomi masyarakat.

Sedangkan untuk Desa Inovasi Kampung Patin akan dibangun di Desa Sungai Dua Kecamatan Simpang Empat.  Presentasi ini dihadiri oleh Wabup H. Ready Kambo, Plh Sekda Hj. Mariani, Staf Ahli Bupati, Pejabat Pemkab Tanbu, Camat Simpang Empat, Camat Karang Bintang, Kades Sungai Dua, Kades Karang Bintang, dan Penyuluh Perikanan, serta para staf BBRP2BKP. (irfan)

Posting Komentar

0 Komentar