Tahun 2020. Masyarakat Mulai Diarahkan Sensus Penduduk Online


BATULICIN - Pada tahun 2020  Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Tanah Bumbu akan melakukan sensus penduduk yang ke VII. Ditahun ini  pula ada 54 negara yang bersamaan melakukan sensus penduduk.

Kepala BPS Kabupaten Tanah Bumbu Akhmad Muzakir mengatakan. Sensus Penduduk ditahun ini memiliki terobosan baru sesuai amanat  amanat Peraturan Presiden Nomor 39 tahun 2019, tentang 1 data Indonesia.

Terkait itu,akan diimplementasikan kedalam sensus penduduk dengan menggunakan data dari Dirjen Administrasi Kependudukan. Dengan mana data ini bersumber dari Dinas kependudukan dan catatan sipil seluruh Kabupaten dan Kota di Indonesia.

"Data ini akan menjadi data dasar untuk kita melakukan pendataan sensus penduduk,namun tahapan sensus ini ada 2 yaitu sensus  penduduk online yang akan dilaksanakan mulai tanggl 15 Pebruari 2020 sampai 21 Maret 2020."sebutnya. 

"Dipriode  itu masyarakat bisa melakukan pengisian datanya secara mandiri dengan mengakses .bps.co.id."jelasnya. 

Lanjutnya, saat pengisian data segala kerahasiaan data akan dijaga, dan bila ada data yang harus  dirubah masyarakat Indonesia bisa saja melakukan perubahan data.

"Misalnya perubahan status pendidikan atau pindah alamat dan masyarakat berkesempatan untuk mengapdate datanya sendiri."terangnya.

Dia menambahkan, untuk masyarakat yang belum mengakses sensus penduduk online akan bisa melakukan pada priode bulan juni. Ini berarti di bulan juni itu akan dilakukan kunjungan ke rumah tangga warga yang belum melakukan sensus penduduk secara mandiri.

Dipaparkan nya lagi. Sensus ada 3 tahapan, yakni konvensional, Full Up Dating dengan menggunakan data registrasi serta menggunakan data Dukcapil sesuai rekomendasi PBB. 

"Sesuai amanat Presiden Jokowi dalam pencanangan Sensus Penduduk 2020,  kita harus mendorong kepada masyarakat untuk lebih mendekatkan diri atau  membiasakan penggunaan tekhnologi termasuik menggunakan sensus penduduk online."imbuhnya.

Adapun keuntungan sensus secara online ini sebutnya, masyarakat bisa memperbaharui datanya sendiri, manfaat lainnya lagi setiap penyelenggara statistik dasar   wajib menjaga kerahasian masyarakat. "Untuk sosialiasinya, pihak BPS akani melaksanakan rapat koordiansi Kecamatan, serta minta bantu kaum milenial."pungkasnya. (irfan)

Posting Komentar

0 Komentar