Cara Kelurahan Jrebeng Kulon Kota Probolinggo Dalam Upaya Penanganan Covid-19


PROBOLINGGO - Keberadaan pandemik Corona Virus Disease (Covid-19) yang sampai saat ini belum menunjukkan mengalami gejala penurunan, disikapi oleh pemerintah baik pusat maupun daerah untuk mengantisipasi penyebaran virus tersebut. Hal ini juga yang dilaksanakan oleh Kelurahan Jrebeng Kulon kecamatan Kedopok kota Probolinggo.

Dalam upaya memutus matarantai penyebaran Covid-19, kelurahan ini telah menjalankan himbauan pemerintah dengan menyiapkan berbagai kebutuhan selama pandemi ini. Melalui kelompok masyarakat (Pokmas), pengadaan peralatan yang diperlukan dalam menghadapi Covid-19 ini tersedia. "Melalui dana yang tersedia, kami berupaya semaksimal mungkin memfasilitasi semua kebutuhan berkaitan dengan penanganan Covid-19 terlebih memutus penyebaran virus ini dilingkungan masyarakat Jrebeng Kulon."ujar Suparno, Ketua Pokmas "Kerja Nyata" RW.5 Kelurahan Jrebeng Kulon.

Sementara Lurah Jrebeng Kulon, Erni Yunista saat diwawancarai terkait penanganan Covid-19 diwilayah yang dipimpinnya mengatakan sesuai arahan pemerintah khususnya Pemkot Probolinggo bahwa pihaknya secara maksimal mengupayakan agar penyebaran virus corona bisa diantisipasi dengan melakukan berbagai kegiatan kearah tersebut. "Kita lakukan penyemprotan serta pembagian masker pada warga sesuai petunjuk teknis yakni melalui pokmas dan relawan. Diharapkan dengan langkah ini, akan bisa membendung penyebaran virus tetsebut."ujarnya.

Dalam melaksanakan kegiatan menyangkut penanganan Covid-19 ini, kelurahan Jrebeng Kulon menggelar penyemprotan secara serentak pada malam hari yang mencakup semua RW di kelurahan tersebut. Seperti yang nampak pada hari Kamis (07/5). Nampak animo masyarakat setempat begitu tinggi ketika lingkungannya didatangi tim yang terdiri dari Okmas dan relawan untuk melakukan penyemprotan.

Ditempat berbeda, Camat Kedopok Imam Cahyadi saat dikonfirmasi terkait penanganan Covid-19 utamanya yang berada di kelurahan dibawah naungannya menjelaskan jika penanganan terhadap virus tersebut telah sesuai dengan protap dan himbauan yang telah ditentukan. "Secara terarah kami telah melakukan upaya dalam memutus penyebaran virus tersebut. Peran pokmas, relawan serta warga sangat membantu dalam hal mengantisipasi meluasnya penyebaran virus ini. Kami juga menghimbau pada warga untuk selalu patuh pada himbauan untuk dirumah saja dan menjaga jarak sehingga potensi terinfeksi covid-19 bisa dihindari."jelas camat Kedopok. (Suh)

Posting Komentar

0 Komentar