Aplikasi Pendaftaran Online SMS Gateway Dinas Perhubungan Kabupaten Magetan Diresmikan Sekda


MAGETAN - Dinas Perhubungan Kabupaten Magetan pada hari Kamis, (9/7/2020) dilaksanakan sosialisasi Peluncuran Perdana Bukti Lulus Uji Elektronik Aplikasi Pendaftaran Online SMS Gateway Acara tersebut dilaksanakan di lingkup Dinas Perhubungan yang dihadiri oleh Sekda Magetan,Diskomimfo, Kabag Pemerintahan, Kabag Humas Protokol, perwakilan dari Polres Magetan berserta seluruh jajaran pegawai Dinas perhubungan

Sekda Magetan Ir.Hergunadi.MT meresmikan , Pelucuran Perdana BUKTI LULUS UJI ELEKTRONIK APLIKASI PENDAFTARAN ONLINE SMS GATEWAY Sesuai amanah Undang-undang nomor 22 tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan , bahwa Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor memegang peranan sangat penting dalam mencegah dan mengurangi angka kecelakaan. Dengan adanya Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor secara online bagi para pengemudi maka akan memberikan manfaat yaitu ;

1. Manfaat internal
 a) Sebagai inovasi pelayanan yang bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan tethadap kinerja pelayanan publik yang diemban oleh institusi Dinas Perhubungan Kabupaten Magetan.
 b) Dalam rangka turut mendukung program daerah di Kabupaten Magetan yaitu mewujudkan program Smart City.
 2. Manfaat eksternal
  a)  Percepatan pelayanan kepada masyarakat selaku pemilik kendaraan bermotor wajib uji agar mendapatkan pelayanan dengan mudah, cepat,akurat, dan aman.

  Dengan peningkatan pelayanan pengujian kendaraan bermotor dengan penerapan bukti lulus uji elektronik (BLUE) ini, akan mempermudah dan memberikan kepastian kepada para pengemudi dan pemilik kendaraan bermotor terhadap pelayanan pengujian kendaraan bermotor , dan dengan memanfaatkan teknologi informasi yang tentunya juga akan mempermudah kinerja ASN di lingkup Dinas Perhubungan Kabupaten Magetan dalam melaksanakan pengujian kendaraan bermotor secara elektronik sehingga dapat menghasilkan data yang akurat dan otentik atas pelaksaan tugas pelayanan pengujian kendaraan bermotor 


Sesuai amanah Undang-undang nomor 25 tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik, pada hari Kamis Tanggal 9 Bulan juli tahun 2020 juga dilaksanakan peluncuran Produk pelayan Aplikasi Pendaftaran Online dimana masyarakat akan dimudahkan dalam proses pendaftaran pengujian kendaraan bermotor , selain itu dengan adanya Aplikasi ini masyarakat bisa melaksanakan proses pendaftaran di manapun tempatnya.

Selain Aplikasi Pendaftaran Online juga di luncurkan sebuah aplikasi berupa SMS Gateway, dimana Aplikasi ini akan memberikan informasi kepada masyarakat berupa pemberitahuan masa uji berkala satu minggu sebelum masa uji berkala habis melalui pengiriman sms kepada masyarakat. Sehingga masyarakat tidak akan terlambat lagi dalam melaksanakan proses pengujian kendaraan bermotor.

Dengan diluncurkannya Aplikasi tersebut oleh Dinas Perhubungan Kabupaten Magetan , semoga pelayanan pengujian kendaraan bermotor kabupaten Magetan kedepanya bisa memberikan dampak yang positif kepada masyarakat.

Sekali lagi kami ucapkan selamat kepada Dinas Perhubungan Kabupaten Magetan serta para karyawan dan karyawati Dinas Perhubungan , harapan kami tentunya Dinas Perhubungan dapat terus meningkat Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor dengan sebaik-baiknya kepada masyarakat Kabupaten Magetan khususnya para pangemudi kendaraan yang akan di uji kendaraannya.

Untuk itu, kami harapkan pula Kepala Dinas Perhubungan Joko Trihono S.Sos,MSi serta semua karyawan dan karyawati dapat bekerja sama dengan baik untuk membangun hubungan yang harmonis sehingga tercipta suasana kerja yang baik lagi untuk kedepannya.

Kepala Dinas Perhubungan Joko Trihono S.Sos,MSI menyampaikan kegiatan peluncuran perdana kegiatan launcing SMS Gateway dan Pengujian Kendaraan Bermotor Secara Online ini adalah sebuah kegiatan yang kami interigasikan dengan diklat tim tingkat II yang sedang kami laksanakan sehingga dengan hadirnya Pendaftaran Online dan SMS Gateway bahwa kami sudah melakukan perjanjian kerja sama dengan Bank Jatim yang nantinya pada proses rapat berikutnya nantinya masyarakat bisa melakukan pembayaran secara elektronik juga sehingga ini akan memudahkan didalam menerima pelayanan utamanya pengujian kendaraan bermotor dari pemerintah Kabupaten Magetan , utamanya dari pelaksanaan dari Dinas Perhubungan Kabupaten Magetan."cetusnya

Untuk sistem Pendafataran Online ini dari Sms Gateway , Sms Gateway ini adalah sebuah sistem yang  bersifat memberikak pemberitahuan kepada masyarakat pengguna jasa Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor , dalam jangka batasan tertentu sebelum masa uji ini habis.

Ini sudah memberikan sinyal bahwa masa uji saudara pada tanggal sekian sudah memasuki berakhir masa uji dipersilahkan untuk melakukan masa uji kendaraan anda, kemudian dari Sms Gateway ini masyarakat bisa mengakses Pendaftaran Secara Online sehingga dengan TUL yang kami share melalui playstore masyarakat bisa mendownload aplikasi KIR Magetan.

Begitu mereka melakukan download aplikasi mereka bisa melakukan pendaftaran kendaraan bermotor ini secara online dan nantinya secara bertahap yang kami sampikan tadi bahwa nanti kita berharap adanya pengujian kendaraan bermotor secara drivetru jadi masyarakat betul-betul di mudahkan membaca semua membaca setelah elektrorisasi kecuali nanti pada pembacaan pra uji yang itu harus di amati secara visual , tetapi kalau yang bisa dilakukan secara elektronik. Bisa kita tindak lanjuti dengan Pelayanan,"imbuhnya. (And)

Kedepan bahwa ini adalah tuntutan masyarakat yang mana masyarakat membutuhkan pelayanan yang cepat,murah,aman bisa di tanggung jawabkan. Oleh sebab itu kami berharap dengan hadirnya Pengujian Kendaraan Bermotor secara online ini , bisa memberikan pelayanan publik kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya dengan tanda kutip tidak menciderai dengan pelayanan yang kita berikan  ataupun proses-proses yang kurang baik dalam pelayanan."tandasnya. (and)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement