Siapkan Shelter dan Kawasan Khusus Sepeda, Komunitas Pesepeda Beri Dukungan ke Eri Cahyadi

 








Surabaya- Bakal calon wali kota Surabaya Eri Cahyadi punya komitmen besar membangun Surabaya sebagai kota pesepeda. Sepeda tak hanya jadi hobi tapi lebih dari itu menjadi bagian dari moda transportasi utama warga Surabaya. Infrastruktur transportasi masal yang akan dibangun di Surabaya juga nantinya akan mengakomodasi para pesepeda.


“Kota-kota besar di dunia selalu menjadikan sepeda sebagai salah satu moda transportasi utama warganya. Seperti Amsterdam yang kini bahkan jadi ibukota pesepeda dunia, kita ingin warga Surabaya menjadikan sepeda sebagai bagian dari moda transportasi,” ujar Eri Cahyadi saat gowes bareng SOS di Tambak Wedi, Kenjeran, Surabaya, Selasa ( 22/09/2020).


Eri menjelaskan, membangun iklim sepeda sebagai moda transportasi bisa diawali dengan membangun kawasan khusus pesepeda. Terutama di daerah yang akan dibangun sebagai lokasi wisata baru. 


“Kita bisa mengawalinya dengan menjadikan kawasan tertentu sebagai daerah khusus sepeda. Misalnya seperti di Jalan Panggung, Jalan Karet, Pasar Pabean, yang akan kita koneksikan dengan wisata air di jalur Kali Mas Surabaya. Bahkan beberapa kawasan kita siapkan sebagai kawasan khusus pejalan kaki,” ungkapnya. 


Eri menambahkan, tren transportasi dunia terus meninggalkan kendaraan pribadi untuk beralih ke transportasi masal. Di tengah pandemi, penggunaan sepeda semakin relevan karena warga lebih suka sepeda yang meski lebih individual tapi bebas polusi dan tidak membutuhkan ruang sebesar kendaraan pribadi. 


“Kita akan bangun shelter-shelter sepeda di tempat-tempat publik. Bahkan di kawasan pelayanan publik milik pemkot bisa kita wajibkan penggunaan sepeda sekaligus kita sediakan sepeda yang bisa dipakai gratis atau sistem sewa harian yang sangat murah,” jelasnya.


Sesepuh komunitas SOS Abah Soleh atau akrab disapa Absol menyatakan, ide pengembangan sepeda Eri Cahyadi sangat sesuai dengan harapan para pesepeda. Apalagi, di tangan Wali Kota Tri Rismaharini, Surabaya termasuk jajaran kota pertama yang membangun jalur khusus pesepeda di jalan-jalan utama kota. Eri Cahyadi sebagai orang dekat Risma membawa harapan agar kebijakan tersebut dilanjutkan. 


“Kami menitipkan kebaikan yang sudah dilakukan Bu Risma untuk diteruskan oleh Mas Eri Cahyadi,” kata Absol. 


Eri Cahyadi, kata Absol, bukan nama yang asing bagi para pesepeda. Jauh sebelum menerima rekomendasi dari DPP PDI Perjuangan, Eri Cahyadi sudah aktif bersepeda bersama komunitas SOS. 


"Kami sebagai pengurus SOS, sangat senang dengan kehadiran Pak Eri Cahyadi. Beliau orangnya amanah, pasti bisa meneruskan kepercayaan Bu Risma (Wali Kota Surabaya, red.). Mudah-mudahan amanah dari Bu Risma, kami, dan seluruh warga Surabaya bisa dikerjakan Pak Eri sebaik-baiknya," pungkasnya. ( Ham)

Posting Komentar

0 Komentar