Wabup Resmikan Minimarket Milik BUMDes, Ini Jadi Pelopor Bagi Desa Lain

BATULICIN - Wakil Bupati Tanah Bumbu, Muhammad Rusli resmikan pasar modern milik Badan Usaha Milik Desa (BumDes) Tirta Jaya Desa Mekar Jaya Kecamatan Angsana, Rabu (31/3/2021).

Dengan beroperasi nya Mini Markert bernama Star Mart ini diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat dan mendongkrak pendapatan asli desa (PADes).

“Saya mengapresiasi terobosan desa dalam membangkitkan roda perekonomian masyarakatnya. Dan diharapkan  kedepan tidak hanya desa Mekar Jaya yang memiliki pasar modern seperti ini, tapi semua desa yang ada di kabupaten Tanah Bumbu,”kata Muhammad Rusli usai peresmian.

Wabup mengakui, mini market besutan BUMDes ini pertama di Kalsel dan bisa menjadi pelopor bagi daerah lain.

“Tentunya kehadirannya harus mendapatkan dukungan dan support agar kedepan bisa menjadi sektor usaha yang mandiri bagi desa. Tentunya demi peningkatan ekonomi kerakyatan,” paparnya.

Prospek kedepannya sambung Rusli. Kegiatan ini sangat luar biasa, dan harus dikembangkan menjadi bisnis yang besar sehingga menjadi pilot project bagi desa-desa lainnya di Tanah Bumbu, bahkan di Kalsel.

Sementara kepala desa Mekar Jaya, Wiyono Setiawan mengaku, latar belakang dibangunnya Setia Mart ini terinisiasi atas perkembangan penduduk yang begitu pesat di desanya.

"Besarnya potensi pangsa pasar ini, ditambah selalu ramainya pengunjung di pasar modern serupa yang lebih dulu ada, membuat pihaknya memanfaatkan peluang ini. BUMDes harus memiliki sektor usaha seperti ini, karena sangat diminati,” imbuhnya.

Kades menambahkan, bisnis ini selain untuk mendongkrak PADes, juga bisa meningkatkan ekonomi kerakyatan. Karena sebagian besar barang dagangan yang dijual dominan produk lokal, dan UMKM warga setempat, agar lebih menggeliat.

Ia menargetkan, meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui BUMDes demi mewujudkan desa mandiri. Karena BUMDes salah satu penopang ekonomi desa.

“Setelah beroperasi kami akan menata semuanya dan akan melakukan kemitraan yang memiliki komitmen untuk kemajuan Setia Mart,” pungkasnya. (faris)

Lebih baru Lebih lama
Advertisement