Disdukcapil Tanbu Selalu Berupaya Melayani KTP Secara Mudah

BATULICIN – Karena dokumen kependudukan merupakan dokumen dasar disemua sektor pelayanan publik, maka untuk itu Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) akan terus berupaya meningkatkan kesadaran masyarakat dalam rangka kepemilikan dokumen kependudukan dan pencatatan sipil

Plt.Kepala dinas Disdukcapil Tanbu Gento haryadi menghimbau masyarakat khususnya yang belum melakukan perekaman maka agar segera melakukan perekaman dan yang belum memiliki dokumen segera mengurus ke disdukcapil atau menunggu petugas hadir di desa maupun di kecamatan.

Pokoknya (Disdukcapil) Tanbu akan  berupaya memberi kemudahan kepada masyarakat dalam hal pelayanan KTP elektronik di seluruh wilayah Bumi Bersujud ini.

"Saat ini di KK Kabupaten Tanah Bumbu cakupan mencapai 92,55 persen, sedangkan target dari Kemendagri melalui Dirjen Adminduk adalah yakni 95 persen."ujar Gento Hariyadi  ketika dikonfirmasi, Selasa pekan lalu

Oleh sebab itu lanjutnya, disdukcapil Tanbu terus melakukan tracking melalui sistem data base di 12 kecamatan yang ada di wilayah Kab. Tanbu, maka akan ketahuan by name by adresnya orang belum melakukan perekaman KTP elektronik.

“Setelah melakukan tracking kami akan menyusun jadwal perkecamatan sambil berkoordinasi dengan desa, untuk melakukan perekaman KTP elektronik,” imbuhnya.

Disamping pihaknya melakukan perekaman terhadap warga yang belum pernah melakukan perekaman, saat ini Disdukcapil juga fokus melakukan perekaman terhadap penyandang disabilitas yang tentunya bekerjasama dengan Dinas Sosial dan petugas PKH.

Jadi sekali berjalan dapat melakukan dua perekaman terhadap masyarakat biasa dan penyandang disabilitas,” Jelas Gento Haryadi.

Upaya ini tambahnya di dilaksanakan oleh Disdukcapil di beberapa Kecamatan diwilayah Kabupaten Tanbu.

"Memang progresnya tidak terlalu signifikan karena mentracking orang dilapangan ada beberapa kendala dimasyarakat saat dilakukan jemput bola oleh petugas masyarakatnya tidak bisa datang untuk melakukan perekaman karena terkendala pekerjaan, akan tetapi hal tersebut tidak menyurutkan kami dalam melakukan pelayanan terhadap masyarakat dalam melakukan perekaman KTP elektonik”, Kata Gento Haryadi..

Saat ini juga menjadi prioritas  adalah perekaman masyarakat di wilayah perbatasan, dengan selalu berkoordinasi dengan kepala desa dan pihak Kecamatan.

Ditambahkannya, kendala yang di hadapi untuk perekaman di wilayah perbatasan adalah susahnya jaringan internet, sehingga perekaman pun dilakukan secara ofline. Namun  setelah ada jaringan baru kami masukan untuk diinput data basenya. (faris)

Lebih baru Lebih lama
Advertisement