Dinas Perikanan Tanbu Bina Pemuda Milenial Bioplok

BATULICIN - Dinas Prikanan Kabupaten Tanah Bumbu sedang mempersiapkan langkah untuk mencetak pemuda milenial bioflok. ”Saya mengharapkan kedepannya Dinas ini dapat melahirkan pemuda yang memiliki wirausaha bioflok,” ujar Yulian Herawati Kadis Perikanan Tanbu.

Sebelum melakukan pembinaan kepada pemuda tersebut, Dinas Perikanan akan melakukan pelatihan terhadap stafnya yang nantinya memberikan pelatihan terhadap kelompok budidaya ikan melalui sistem bioflok.

Adapun syarat untuk mendapatkan bantuan bibit untuk bioflok ini, yakni pertama mereka harus berkelompok. Dimana setiap kelompok terdiri dari lima sampai sepuluh orang. Dan berikutnya, mereka terdaftar pelaku usaha perikanan.

Menurut Yulian Herawati, Kelompok yang bakal mendapatkan bibit ikan harus mengajukan proposal dulu kepada instansi berwenang.

Bantuan bibit ikan tidak hanya didapat dari pemerintah daerah, provinsi dan tapi juga dari Balai Perikanan Budidaya Air Tawar ( BPBAT ) Mandiangin. ”Kalau ada proposal, dipilah dulu, dan kemana harus disampaikan,” jelas nya.

Pemuda yang dilatih sebagai tutor untuk mencetak pemuda bioflok saat ini sebanyak lima orang. Dan mereka semuanya dari Dinas Perikanan Tanah Bumbu. ” Kalau sudah selesai, mereka ini nantinya yang membina kelompok muda bioflok,” katanya.(faris)

Lebih baru Lebih lama
Advertisement