Peringati HUT ke-62 Kejari Sidoarjo adakan Seminar RJ untuk Korban Narkoba



SIDOARJO - Dalam memperingati Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) Ke-62, Kejari Sidoarjo mengadakan kegiatan Baksos dari beberapa kegiatan diantaranya juga kegiatan lomba. Salah satunya juga dengan menggelar seminar nasional di Aula Kejari Sidoarjo Jalan Sultan Agung Sidoarjo, Jum'at (15/7/2022).

Seminar dengan tema "Tinjauan Yuridis Sosiologis Dalam Penyelesaian Perkara Secara Restoratif Justice Terhadap Korban Penyalahgunaan Narkoba" itu sangat meriah.

Sebab, dua narasumber yaitu Prof Dr Suparji Ahmad, SH MH Guru Besar Universitas Al-Azhar dan Dwiki Oktobrian, SH. MH, Dosen Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman yang juga Sekertaris Pusat Kajian Restoratif Justice FH Unsoed yang mengupas tema tersebut dengan dipandu moderator Jaksa M Ridwan Dermawan.

Kajari Sidoarjo Akhmad Muhdhor mengatakan dua narasumber yang dihadirkan tersebut kompeten dibidangnya. "Beliau berdua ini narasumber yang kompeten," ucapnya ketika didampingi Kasi Pidum Hafidi dan Kasi Intelijen Aditya Rakatama.

Seminar kali ini dihadiri langsung Wabup Sidoarjo Subandi, Kadinkes, Dirut RSUD serta puluhan peserta yang terdiri dari pegawai Kejaksaan, Polresta, BNN, Pengadilan, Mahasiswa hingga Wartawan yang hadir di lokasi maupun yang mengikuti via zoom.

Bahkan, Kajati Jatim Dr Mia Amiati ikut menyaksikan langsung seminar tersebut via zoom.

Lebih jauh menurut mantan Asintel Kejati Papua itu bahwa seminar ini sengaja mengundang semua pihak termasuk dari Dinkes dan RSUD Sidoarjo karena untuk menunjang pelaksanaan Pedoman Jaksa Agung Nomor 21 Tahun 2021 tersebut.

"Kegiatan (teknis) tersebut membutuhkan dukungan kerjasama dengan steakholder untuk bisa bersinergitas dari berbagai pihak," ucapnya.

Sementara Wabup Sidoarjo Subandi mendukung kegiatan Kejari Sidoarjo Restoratif Justice terhadap Korban Penyalahgunaan Narkoba. Subandi menjelaskan, persoalan itu memang tanggung jawab bersama, apalagi menyangkut generasi masa depan bangsa.

"Kami mensuport penuh karena ini merupakan tanggung jawab bersama. Ini ada Pak Kadinkes, Pak Direktur RSUD akan mensuport yang dibutuhkan untuk mendukung kegiatan tersebut," ungkap Suwandi.

Diskusi dan dialog dalam rangka Ulang Tahun Kejaksaan RI yang ke-62 tersebut juga diikuti secara Virtual dibeberapa lingkungan dinas di Jatim.(mn)
Lebih baru Lebih lama
Advertisement